Polisi Bekuk Lima Pelaku Pemerkosaan di Kayong Utara

Polisi Bekuk Lima Pelaku Pemerkosaan di Kayong Utara

  Minggu, 17 March 2019 09:21
DIBEKUK: Empat dari lima tersangka pelaku pemerkosaan terhadap kuntum, tak berkutik saat dibekuk aparat Kepolisian Sektor Teluk Batang, saat hendak melarikan diri menggunakan sebuah kapal menuju Kubu Raya. POLRES FOR PONTIANAK POST

Berita Terkait

SUKADANA – Kepolisian berhasil meringkus pelaku pemerkosaan terhadap seorang gadis, sebut saja kuntum, kemarin. Tak tanggung-tanggung, remaja putri berusia 18 tahun dirudapaksa oleh lima pelaku. Kini kelima tersangka berhasil dibekuk aparat. Kejadian pilu tersebut terjadi di wilayah hukum Kabupaten Kayong Utara, 13 Maret lalu.

Kepala Polres (Kapolres) Kayong Utara AKBP Asep I. Rosadi melalui Kepala Satuan Reserse dan Kriminal (Kasatreskrim) AKP Denny Gumilar, menjelaskan bahwa penangkapan tersebut berawal dari laporan paman korban. Yang bersangkutan, menurutnya, menemui Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Telok Batang Iptu Jumari Setiawan beserta Kanit Reskrim Ipda Bambang, Jumat (15 /3), lalu. Yang bersangkutan menceritakan kepada anggotanya tentang tindak pemerkosaan yang dilakukan terhadap keponakannya tersebut oleh lima pelaku. Para pelaku kemudian diketahui masing-masing berinisial RIN, BG, FR, RI, dan SL.

Denny menceritakan, kronologis kejadian berlangsung pada Rabu (13/3) malam sekitar pukul 19.00 WIB. Korban, menurutnya, disetubuhi secara paksa oleh tersangka pertama, RIN di Jalan Transmigrasi. Dia menambahkan, setelah pelaku pertama selesai menjalankan nafsu bejatnya, kemudian mengajak teman-temannya empat orang  bernama  BGS, FR,  RI,  dan  SL. Dari laporan yang diterimanya, para pelaku kemudian berpindah tempat  dibawa  ke sebauh  rumah di Desa Alur Bandung, Kecamata Teluk Batan. Kemudian keempat rekan RIN ini, menurutnya, memaksa korban untuk melakukan persetubuhan  secara bergantian pada saat malam itu. “Akibat dari perbuatan lelaki lima orang tersebut, sehingga keesokan harinya korban melaporkan ke paman dan orang tuanya,” kata dia. 

Setelah menerima pemberitahuan tersebut, akhirnya orang tua korban bersama pamannya memberikan laporan  ke anggota mereka di Polsek Teluk Batang. Setelah menerima laporan peristiwa kejadian tersebut, Kanit Reskrim dan Anggota Polsek Teluk batang melakukan penangkapan terhadap tersangka SL. Dari pengakuan SL, mereka kemudian mendapat informasi jika keempat rekannya, RIN, FR, RI, dan BGS  sudah melarikan diri dengan menaiki sebuah kapal menuju Kubu Raya.

"Namun dalam melakukan pengejaran, selanjutnya anggota Polsek Teluk Batang bertindak dengan sigap dan cepat, langsung melakukan tindakan dengan cara mengejar kapal tersebut dengan menyewa speedboat. Dari hasil pengejaran, maka ditemukanlah tersangka yang diduga pelaku pemerkosaan di daerah perairan Karanganyar, Kabupaten Kubu raya,  dan berhasil dilakukan penangkapan," jelas Kasatreskrim.

Selanjutnya, kata dia, tersangka dibawa ke Polsek Teluk Batang. Hanya saja, personel Polsek Teluk Batang, menurut dia, tidak mau mengambil risiko terhadap hal yang tidak diinginkan, lantaran situasi masyarakat sudah ramai terlihat mulai emosi terhadap kelima tersangka. Personel Polsek Teluk Batang pun segera membawa tersangka kepada mereka ke Markas Polres Kayong Utara, untuk menjalani proses penyidikan lebih lanjut. "Untuk menpertanggungjawabkan perbuatannya, saat ini kelima pelaku dalam penanganan Polres Kayong Utara, untuk penanganan lebih lanjut," ujarnya. (dan)

Berita Terkait