Poker Pertama Gabriel

Poker Pertama Gabriel

  Jumat, 11 January 2019 09:23
Bintang Lapangan : Pemain depan Manchester City, Gabriel Jesus menjadi bintang lapangan saat menghadapi Burton Albion pada Semifinal Carabao Cup (Piala Liga Inggris) di Stadion Etihad, Manchester (10/1).Dia mencetak empat gol dalam pertandingan itu. REUTERS/Phil Noble

Berita Terkait

MANCHESTER – Penyerang Manchester City Gabriel Jesus menjalani paro pertama musim 2018-2019 dengan muram. Hanya enam gol diantara 25 penampilannya di semua ajang. 

Tapi pergantian kalender memberikan kebahagiaan buat penyerang 21 tahun tersebut. Pada leg pertama semifinal Piala Liga kemarin (10/1) di City of Manchester Stadium, Gabriel Jesus membukukan poker ketika City menang 9-0 atas tim League One Burton Albion. 

Dia mencetak gol pada menit ke-30, 34, 57, dan 65. Lima gol lainnya disumbangkan Kevin De Bruyne (5'), Oleksandr Zinchenko (37'), Phil Foden (62'), Kyle Walker (70'), dan Riyad Mahrez (83'). 

“Saya belum pernah mencetak empat gol dalam karir profesional dan tentu saya sangat bahagia dengan pencapaian ini. Kami bermain dengan penuh rasa respek melawan mereka,” ucapnya kepada Daily Mail.

Selama 2018 lalu, Gabriel Jesus hanya masuk dalam starting XI hanya 13 kali diantara 24 laga City di semua kompetisi. Angka yang sangat jauh jika dibandingkan Sergio Aguero yang jadi starting XI 20 kali dalam 22 penampilannya. 

Menurut ESPN momen yang paling menurunkan mental Gabriel Jesus musim ini adalah pengambilalihan jatah algojo penalti ketika melawan Liverpool di Stadion Anfield (7/10) lalu. 

Ketika itu, dia sudah melangkah akan menjadi eksekutor namun pelatih City Pep Guardiola melalui bek Benjamin Mendy menyampaikan pesan pada Gabriel Jesus. Bukan dirinya yang dipercaya melainkan Riyad Mahrez. Sialnya, Mahrez gagal mengkonversi peluang emas dan tendangannya melejit ke atas gawang. 

Pelatih City Pep Guardiola kepada ESPN berujar lega dengan poker yang dihasilkan oleh Gabriel Jesus ini. Selain membuat koleksi gol Gabriel Jesus menjadi 12 gol di semua ajang, empat gol di satu laga jelas mendongkrak konfidensi. 

“Penyerang butuh mencetak gol untuk membuktikan eksistensinya. Setelah beberapa pertandingan sebelumnya dia (Gabriel Jesus, red.) nyaris membobol gawang akhirnya dia melakukan hal itu,” tutur Guardiola. 

Pelatih kelahiran Santpedor Spanyol tersebut menolak jika musim ini Gabriel Jesus jarang diberi kesempatan sebagai starting XI karena bukanlah bagian penting dalam tim. Alias hanya sebagai substitusi ketika penyerang utama Aguero cedera. 

“Sama sekali salah tentang pandangan tersebut. Dia (Gabriel Jesus, red.) selalu menjadi bagian tim ini dan sama seperti yang lain, dia memberikan kontribusi yang besar bukan hanya karena mencetak gol,” kata Guardiola. 

Di sisi lain, tentang pesta gol ke gawang Burton Albion sampai sembilan gol justru malah bentuk respek kepada lawan. Seandainya malah City 'melemahkan' kekuatan dengan menurunkan semua pemain cadangan di laga kemarin maka hal itu sikap meremehkan Burton. 

“Ketika babak pertama selesai, saya katakan di ruang ganti kalau kita akan tetap mencetak gol. Karena kita menghormati lawan dan kompetisi ini,” tutur Guardiola. 

Pelatih berusia 47 tahun tersebut juga menaruh hormat kepada pelatih Burton Nigel Clough yang notabene anak pelatih legendari Inggris Brian Clough. Guardiola berharap bisa ngobrol dengan Nigel dan menikmati segelas wine. 

“Saya malah berharap jika dia (Guardiola, red.) mempunyai lebih dari segelas wine,” canda Clough seperti diberitakan Sky Sports. “Mereka bermain dengan profesional ketika melawan kami,” tambah pelatih berusia 52 tahun tersebut. 

Clough tak berharap banyak setelah kekalahan telak timnya yang menjadi kekalahan terbesar dalam sejarah babak semifinal Piala Liga itu. Leg kedua berlangsung 23 Januari mendatang di Pirelli Stadium, Burton-on-Trent. (dra)
 

Berita Terkait