PMI Mempawah Sudah Punya Bank Darah

PMI Mempawah Sudah Punya Bank Darah

  Rabu, 21 February 2018 11:00
DONOR DARAH: PMI Mempawah melaksanakan kegiatan donor darah. WAHYU/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

Sebulan 150 Pendonor Datang Sumbangkan Darah

Setiap bulan jumlah pendonor yang datang ke PMI Kabupaten Mempawah, tak kurang dari 150 orang. Bahkan, pada momentum kegiatan tertentu, PMI berhasil mendapatkan donor darah yang lebih besar. Disebutkan, kesadaran masyarakat akan donor darah semakin baik.

 

Wahyu Izmir, Mempawah

 

JAJARAN Pengurus Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Mempawah berhasil meningkatkan kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam aksi sosial donor darah. Keberhasilan itu, diukur dari tingginya partisipasi masyarakat untuk melaksanakan donor darah.

“Alhamdulillah, kesadaran masyarakat untuk donor darah sudah semakin baik. Kita lihat dari hasil aksi donor darah di periode kedua tahun 2017 lalu tercatat sebanyak 1.015 pendonor telah menyumbangkan darahnya kepada PMI,” ungkap Masmudi, pengurus PMI Kabupaten Mempawah, kepada Pontianak Post, Selasa (20/2) sore di Mempawah.

Masmudi mengungkapkan, setiap bulannya jumlah pendonor yang datang ke PMI Kabupaten Mempawah tak kurang dari 150 orang. 

Bahkan, pada momentum kegiatan tertentu PMI berhasil mendapatkan donor darah yang lebiih besar.

“Kami juga aktif turun ke masyarakat untuk menjemput para pendonor yang ingin berpartisipasi. Termasuk pula bekerjasama dengan SKPD atau ormas yang melaksanakan kegiatan sosial kemasyarakatan,” tuturnya.

Lebih jauh, dirinya mengaku sangat bersukur meningkatnya kesadaran masyarakat untuk berpartisipasi aktif dalam aksi sosial donor darah. Sehingga, PMI Kabupaten Mempawah memiliki stok atau cadangan darah yang cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat pasien yang membutuhkan darah.

“Kami juga telah memiliki Bank Darah di Kabupaten Mempawah. Ini merupakan program kerja yang telah dirancang Ketua PMI, Hj Erlina Ria Norsan untuk meningkatkan akses pelayanan bagi masyarakat pasien yang membutuhkan darah,” sebutnya.

Meski terbilang berhasil meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mendonorkan darah, namun Masmudi mengaku pihaknya tidak berpuas diri. Melainkan terus termotivasi untuk semakin meningkatkan kinerja PMI Kabupaten Mempawah di masyarakat.

“Kedepan kami akan terus bekerja keras meningkatkan sosialisasi dan penyuluhan kepada masyarakat tentang pentingnya mendonorkan darah. Selain dapat membantu saudara-saudara kita yang membutuhkan, juga menyehatkan tubuh si pendonor. Manfaatnya sangat besar,” tuturnya.

Karenanya, dia menghimbau seluruh SKPD, Ormas maupun pihak terkait lain agar membantu PMI dalam upaya mensosialisasikan kegiatan donor darah di masyarakat. Caranya dengan berkoordinasi bersama PMI melaksanakan aksi-aksi sosial kemasyarakatan.

“Kami selalu siap berpartisipasi dalam berbagai kegiatan di masyarakat,” pungkasnya. (*)

Berita Terkait