PKM Fakultas Teknik Untan, Beri Hibah Mesin dan Alat Pertanian

PKM Fakultas Teknik Untan, Beri Hibah Mesin dan Alat Pertanian

  Senin, 30 July 2018 10:58
FOTO BERSAMA: Tim PKM FT Untan foto bersama kelompok tani mitra. IST

Berita Terkait

PERGURUAN tinggi berkewajiban menyelenggarakan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, di samping melaksanakan pendidikan sebagaimana diamanahkan Undang Undang No.20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 20. Sejalan kewajiban tersebut, UU No.12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi pasal 45 menegaskan bahwa penelitian di perguruan tinggi diarahkan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi, serta meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan daya saing bangsa. Dalam pasal tersebut juga ditegaskan bahwa pengabdian kepada masyarakat merupakan kegiatan civitas akademika dalam mengamalkan dan membudayakan ilmu pengetahuan dan teknologi untuk memajukan kesejahteraan umum dan mencerdaskan kehidupan bangsa.

Dana riset dan pengabdian kepada masyarakat berasal dari biaya operasional perguruan tinggi negeri (BOPTN) yang diamanatkan oleh UU No.12 tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi yang dikelola oleh Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat (DRPM), Direktorat Jenderal Penguatan Riset dan Pengembangan. Kemampuan keuangan dalam rangka mendukung program penelitian dan pengabdian kepada masyarakat masih perlu ditingkatkan untuk menjawab banyaknya persoalan bangsa. Oleh karena itu, upaya kreatif perguruan tinggi sangat diperlukan melalui kerja sama dengan instansi pemerintah maupun swasta, baik di dalam maupun di luar negeri.

Melalui kegiatan Program Kemitraan Masyarakat (PKM) Fakutas Teknik Universitas Tanjungpura (FT Untan) dengan ketua Ir Junaidi MSc, serta anggota Silvia Uslianti ST MT, Tri Wahyudi ST MT, Ivan Sujana ST MT, Ratih Rahmahwati ST MT. Mereka juga dibantu mahasiswa Program Studi Teknik Industri, diantaranya Aan, Dede, Arnila, Agus, Agesti, Ni Putu, Kamelia, Nadya, Gilang, Sandi, Muqimuddin, dan Rahayu

Tim PKM FT Untan melakukan identifikasi permasalahan yang dihadapi oleh kelompok tani.  Kelompok Tani yang menjadi mitra binaan kali ini adalah Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Holtikultura dengan nama Limbung Indomakmur yang diketuai Walijo. Mitra kedua dengan nama kelompok tani Maju Makmur yang diketuai Mujito. Mitra berada di Desa Limbung, Kecamatan Sungai Raya, Kabupaten Kubu raya, Provinsi Kalimantan Barat. 

Berdasarkan identifikasi kebutuhan mitra, maka hibah yang diberikan diantaranya adalah cultivator mini traktor, mesin pompa air tekanan tinggi multi fungsi, mesin tebas dan mesin semprot hama. Melalui program PKM ini diharapkan dapat terjalin komunikasi yang baik antara masyarakat dengan perguruan tinggi, sehingga perguruan tinggi dapat menerapkan berbagai ilmu pengetahuan yang dimiliki untuk membantu masyarakat yang memerlukan melalui kegiatan Program Kemitraan Masyarakat.

“Kami ucapkah terima kasih kepada DRPM Ristek Dikti, LPPKM Untan, dan Civitas Akademika Fakultas Teknik Untan,” tutup Junaidi. (mde/ser)

Berita Terkait