Petugas Kerepotan Tangani Sampah Durian

Petugas Kerepotan Tangani Sampah Durian

  Kamis, 27 December 2018 10:21
Masalah Musiman: Sisa-sisa kulit durian yang kerap menumpuk di sejumlah tempat pembuangan sampah.

Berita Terkait

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Pontianak, Tinorma Butar-Butar mengakui kerepotan menangani sampah durian yang mengalami peningkatan 10 persen dari jumlah total 400 ton angkutan sampah perhari. Selain kekurangan petugas, sampah durian yang berserakan membuat pengangkutannya agak memakan waktu.

"Memang sampah durian jadi masalah tiap musimnya tiba. Jika puncaknya, maka ada pertambahan 10 persen volume sampah durian dari total 400 ton perharinya," ungkap Tinorma, kemarin. Dalam upaya penanganan sampah durian, pemerintah Pontianak melalui DLH sudah menyurati pedagang durian perihal pungutan retrebusi perharinya sebesar Rp 25 ribu. Namun tak semua pedagang mengiyakan. 

Hasil laporan dari petugas pemungut sampah di lapangan, juga mengeluhkan sampah durian yang bergelimpangan. Petugas juga sedikit kesulitan dalam penanganan sampah khusus durian. "Sampah durian ini tak seperti sampah buah lain. Petugas mesti berhati-hati saat mengumpulkannya. Apalagi duri durian lumayan tajam," ungkapnya.

Contohnya kata dia penanganan sampah durian di Pasar Mawar juga belum maksimal. Ia melihat sampah itu dibuang dari pagar.  Akan kejadian ini, ia akan melakukan koordinasi dengan OPD terkait. Termasuk membicarakan pungutan retribusi bagi pedagang durian yang sebesar Rp 25 ribu itu.

Akan pungutan itu, ia menyadari belum semua termaksimalkan. Pasalnya, DLH masih kekurangan tenaga di lapangan. Tapi ke depan, pihaknya akan mendata semua pedagang durian yang berjualan di Kota Pontianak ini. Hasil pungutan retribusi itu nanti akan masuk ke kas daerah.

Sebelumnnya, Anggota DPRD Pontianak, Anwar Ali minta Dinas Lingkungan Hidup dapat melakukan koordinasi dengan pedagang durian terkait pemungutan sampah durian yang semakin banyak ini. Apabila tak ditangani betul-betul dapat membuat repot petugas pemungut sampah. “Sampah bekas buah durian harus ditangani betul-betul. Caranya pedagang mengumpulkan sampah-sampahnya usai berjualan. Dengan begitu dapat memudahkan para petugas saat membersihkan sampah durian,” tandasnya.(iza)

Berita Terkait