Petugas Kebersihan Siap Ikuti Pemeriksaan Mata Gratis

Petugas Kebersihan Siap Ikuti Pemeriksaan Mata Gratis

  Senin, 26 September 2016 11:24
RAPAT: Panitia Pontianak Sehat saat melakukan pertemuan di Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Pontianak di Jalan Kebangkitan Nasional. MARETA/PONTIANAK POST

Berita Terkait

PONTIANAK - Pekerja Harian Lepas (PHL) Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Pontianak siap mengikuti pemeriksaan dan pengobatan mata gratis dalam Program Pontianak Sehat. Kegiatan dalam menyemarakkan hari jadi Kota Pontianak ini akan digelar pada tanggal 2, 9 dan 16 Oktober mendatang.

“Terima kasih atas kepedulian panitia kepada petugas kebersihan di Kota Pontianak. Mereka yang setiap hari dilapangan dan bergelut dengan sampah tentu sangat rentan akan serangan beragam penyakit,” kata Sekretaris Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Pontianak Rasidianto saat melakukan pertemuan dengan panitia. 

Rasidianto yang didampingi Kepala Bidang Pembinaan Kebersihan Tinorma Butar-butar SH menjelaskan PHL yang dipekerjakan sebanyak 746 orang. Mereka terdiri atas penyapu jalan, petugas di TPS, TPA, supir truk dan penataan taman. Dia akan berusaha mengajak semua petugas itu untuk bisa hadir. “Ini ada program bagus untuk pemeriksaan mata gratis. Jadi jangan dilewatkan,” jelasnya.

Agar tidak mengganggu aktivitas pelayanan kebersihan, kegiatan pemeriksaan dan pengobatan mata dilakukan selama dua hari yakni pada hari Minggu tanggal 2 dan 9 Oktober dari pukul 09.00 WIB hingga pukul 12.00 WIB. Dari hasil pemeriksaan, jika ada yang membutuhkan kacamata, akan dibagikan pada tanggal 16 Oktober. Semua kegiatan ini dilakukan di Sekretariat Yayasan Bhakti Suci Pontianak, Jalan Gajah Mada.

Program Pontianak Sehat merupakan kerjasama RS Kharitas Bhakti, Yayasan Bhakti Suci, Lion Club, STMIK Widya Dharma, Damkar Panca Bhakti dan Pontianak Post. Kegiatan sosial dalam rangka hari jadi Kota Pontianak ini sudah dilakukan setiap tahun. Tahun sebelumnya dilaksanakan operasi katarak dan operasi bibir sumbing.

Kegiatan tahun ini lebih lengkap. Seksi Sosial Yayasan Bhakti Suci Yo Hen Kon dan Ketua Panitia Baksos Lukas Layono  menjelaskan rangkaian kegiatan diawali dengan donor darah pada Sabtu, 1 Oktober di STMIK Widya Dharma. Kegiatan ini terbuka untuk umum. “Dipersilakan jika ada warga yang akan mendonorkan darahnya,” jelasnya. Panitia menyediakan beragam doorprize menarik.

Kemudian dilanjutkan pemeriksaan dan pengobatan mata gratis khusus untuk petugas kebersihan pada tanggal 2 dan 9 Oktober. Setelah itu dilanjutkan pemeriksaan dokter spesialis kepada warga yang tidak mampu pada tanggal 16 Oktober. “Ada delapan dokter spesialis kita libatkan,” kata drg Krisna, Direktur RS Kharitas Bhakti Pontianak.

Bagi warga yang tidak mampu dipersilakan mendaftar di RS Kharitas Bhakti. Dokter spesialis yang menangani mencakup spesialis penyakit dalam, syaraf, anak, bedah umum, kandungan, ortopedi, paru-paru dan rehab medik.  Pendaftaran mulai 26 September hingga 10 Oktober.(abu)

Berita Terkait