Pesona Temajuk 3 Bidang Kesehatan

Pesona Temajuk 3 Bidang Kesehatan

  Selasa, 10 July 2018 10:00
LINTAS SEKTORAL: Audiensi dengan Sekda Sambas, rapat lintas Sektoral persiapan Pesona Temajuk 3

Berita Terkait

Digelar 13-15 Juli 2018 Di Desa Temajuk Paloh

SAMBAS- Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas, kembali menggelar Pesona Temajuk bidang Kesehatan, untuk kali yang ketiga. Rencananya kegiatan dilaksanakan pada 13-15 Juli 2018 yang akan datang, bertempat di Desa Temajuk Kecamatan Paloh Kabupaten Sambas. “Adapun tujuan dari dilaksanakannya kegiatan ini adalah untuk melakukan perubahan perilaku hidup sehat ke arah yang lebih baik, dengan meningkatkna kebiasaan mengkonsumsi buah dan sayur. Dengan demikian diharapkan berbagai penyakit dan resiko kesehatan di masa depan dapat diminimalisir,” kata dr Yana Sumartana, ketua panitia penyelenggara yang juga menjabat Kabid Pelayanan Kesehatan ( Yankes) di Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas. Selain itu juga, meurut Yana, bahwa Pesona Temajuk 3 ini juga bertujuan mengenalkan destinasi wisata desa Temajuk Sambas kepada wisatawan Domestik dan mancanegara.

Untuk mengemas dan mematangkan kegiatan tersebut, pada pagi  Senin 9 Juli 2018 kemarin, dilakukan pertemuan lintas sektoral antara SKPD, Camat dan Kepala Puskesmas sekabupaten Sambas , panitia dan juga dihadiri langsung oleh Sekda Kabupaten Sambas Drs H Uray Tajudin Msi. Adapun hasil pertemuan tersebut terangkum dalam surat edaran Sekretaris Daerah no. 441/ TKS-DKS dengan perihal Hasil Rapat Pesona Temajuk 3 tahun 2018. Dalam surat itu, ada empat poin penting yang menjadi himbauan Sekda yang antara lain ; pertama SKPD, Camat dan Kepala Puskesmas seKabupaten Sambas wajib hadir pada kegiatan tersebut. Kedua, PKK Kecamatan se-Kabupaten Sambas wajib untuk mengikuti lomba kuliner masakan bubur pedas dengan tambahan ikan dan jus buah. 

Kemudian yang ketiga, Puskesmas ikut serta dalam mengisi stand yang sudah disediakan. Dan terakhir poin keempat, pada hari Jumat 13 Juli 2018, untuk semua SKPD dan Camat wajib mengikuti rapat koordinasi terkait masalah pembangunan yang akan dipimpin langung oleh Bupati Sambas. Dalam kesempatan yang sama, dr H Fatah Maryunani Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas, berpesan kepada panitia, agar benar-benar mempersiapkan kegiatan ini sebaik-baiknya. 

“Mari bersama kita mengemas acara ini, persiapkan dengan matang dan sebaik-baiknya. Kita ajak pihak lain di lintas sektoral, untuk bersama-sama menyukseskan agenda ini. Karena termasuk agenda yang berpengaruh besar bagi Sambas, di situ ada gaung wisatanya, ada gaung gaya gidup sehatnya dan ada juga gaung pemberdayaan ekonomi masyarakatt,”ujar Fatah menjelaskan.

Usai rapat lintas sektoral dengan Sekda Sambas, pada Senin (9/7) kemarin, jam 13.00 siang, panitia melanjutkan rapat internal di Aula Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas. Dalam rapat internal itu dibahas agenda kegiatan selama tiga hari, yang akan diisi dengan berbagai kegiatan, antara lain pada Jumat malam (13/7) diawali dengan pendaftaran ulang peserta aneka kuliner pada jam 19.00-21.00 Wib .

Kemudian pada Sabtu pagi dilakukan acara seremonial pembukaan dan lomba aneka kuliner, bakti sosial IDI,IBI,PTGMI, PPNI, dokter spesialis anak, penyakit dalam, bedah dan kebidanan, dan hiburan rakyat. Dan terakhir pada pagi hari Minggu (15/7) dilanjutkan dengan acara sehat dan bugar yang dirangkai dengan senam massal, makan buah massal dan doorpize, serta diakhiri dengan seremoni penutupan kegiatan.(fah) 

Berita Terkait