Peserta CPNS Sulit Lewati Ambang Batas

Peserta CPNS Sulit Lewati Ambang Batas

  Kamis, 8 November 2018 09:42
ilustrasi

Berita Terkait

PONTIANAK - Hasil tes calon pegawai negeri sipil Kota Pontianak sudah diumumkan oleh Kantor Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Kota Pontianak, Rabu (7/11). Pantauan Pontianak Post, banyak peserta tes yang tak lolos dalam tahapan pertama itu. 

“Dari 200 peserta sesi saya, yang lolos ambang batas (passing grade) hanya delapan orang. Nilai saya jatuh di tes intelegensi umum,” ungkap Teguh, peserta tes CPNS.

Dalam pelaksanaan tahap pertama, kata Teguh, ada tiga tes mesti dilewati, yakni tes wawasan kebangsaan (TWK), tes intelegensi umum (TIU), dan tes kepribadian (TKP).

Untuk tiga tahapan tersebut, peserta mesti bisa melewati rentang nilai yang sudah ditentukan. Untuk TWK minimal nilai harus mencapai 75, TIU minimal 80 dan TKP mencapai 143. Teguh hanya mampu mendapat nilai TWK sebesar 75, TIU senilai 45 dan TKP senilai 113.

Saat pelaksanaan tes, diceritakan dia, soal yang keluar begitu sulit. Terlalu panjang, sedangkan peserta diberikan waktu terbatas untuk menjawab. Tak hanya Teguh, peserta lain yang ikut mencoba peruntungan pada tes CPNS tahun ini juga banyak tak lulus tahap pertama.

Dari informasinya, lanjut dia, banyak peserta yang tak lolos. Bahkan mendominasi. Ia berharap, pemerintah pusat dapat mengkaji kembali hasil tes ini. 

Beda dengan Teguh, Nuri Utami, peserta tes CPNS dari jurusan Guru Pendidikan Jasmani dan Kesehatan mampu melewati tes tahap pertama. “TWK saya 105, TIU 105 dan TKP 144. Saya bisa melanjutkan tes bidang,” ungkapnya.

Diceritakan dia, untuk formasi guru Penjaskes tahun ini ada 13 formasi, dengan total pelamar mencapai 240 peserta. Dari pantauannya di papan pengumuman, belum ada teman-teman Penjaskes yang lolos pada tahap pertama. “Saya juga belum dapat kabar dari teman seperjuangan, bahwa ada yang lolos tahap pertama,” terangnya.

Selain melihat hasil tes tahapan pertama, kedatangan dirinya ke sana guna melihat waktu pelaksanaan tes bidang tahap ke dua. Dari info petugas BKPSDM Pontianak, pengumuman tes kedua akan diumumkan di website sscn. Mungkin sekitar 17 November ke atas. Tapi semuanya belum pasti, karena masih menunggu hasil rapat dan putusan pusat.

Kepala Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Kota Pontianak, Multi Juto Batarendro membenarkan bahwa banyak peserta tes CPNS lingkup Pemkot Pontianak, tak lolos ambang batas. 

“Peserta banyak tak lulus tahap pertama. Sedih juga lihatnya. Semoga saja kuota 233 formasi ini bisa terpenuhi,” ungkapnya.

Terkait patokan nilai ambang batas Pemerintah Pusat terlampau tinggi, dipandang Multi, seleksi CPNS tahun ini memang berat. Keluhan soal ambang batas tinggi tak hanya datang dari Pemkot Pontianak saja. Namun senasional. “Semua daerah mengeluh,” timpalnya.   

Koordinasi dengan pihak pusat, lanjut dia, sudah dilakukan. Multi berharap, pemerintah dapat memberi kebijakan terbaik bagi peserta tes CPNS. Setelah tahap pertama dinyatakan lulus, maka tes akan dilanjutkan lagi tes bidang masing-masing.(iza) 

Berita Terkait