Pesepakbola Nantinya Bisa Mendarat di Tebelian

Pesepakbola Nantinya Bisa Mendarat di Tebelian

  Kamis, 29 September 2016 09:30
BANDARA: Tim Gabsis Sambas saat berada di depan terminal bandara Tebelian bersama mantan Bupati Sintang Milton Crosby.

Berita Terkait

Terminal bandara Tebelian sudah menyambut dari kejauhan kedatangan tim Gabsis Sambas, saat menyusuri jalan masuk. Hamparan taman yang dibangun menghias terminal kian menambah kemegahan bandara.

 
 

SUTAMI, Sintang

 

RABU (28/9) pagi tim sepakabola Gabsis Sambas berkesempatan singgah ke bandara Tebelian disela libur pertandingan putaran final Piala Nusantara. Kunjungan tim Gabsis ditemani mantan Bupati Sintang, Milton Crosby.
Masuk ke dalam bandara, tim Gabsis menyaksikan langsung fasilitas X-Ray yang tengah dipasang. Ruang tunggu dengan deretan kursi sudah terpasang. Tangga menuju lantai atas terminal telah kokoh. Hamparan luas bandara juga  terlihat saat naik ke lantai II terminal.
Masuk ke dalam bandara, landasan pacu sudah beraspal mulus menjadi pemandangan tim Gabsis. Kemudian kekokohan terminal dengan bertulis bandara Tebelian menjadi objek berfoto tim para pemain spakbola, itu.
Tim Gabsis juga berkesempatan menjajal landasan pacu sepanjang 1650 meter tersebut. Kemudian melihat pengerjaan penambahan landasan pacu sepanjang 200 meter.  Sisi darat bandara yang telah terbangun menjadi pemandangan tambahan begitu mengitari landasan pacu.
Tim Gabsis juga tidak membuang kesempatan berfoto mengabadikan kunjungan selama berada di landasan pacu. Berkeliling dan berjalan di bandara yang  direncanakan peresmiannya pada Februari mendatang dianggap momen langka. "Kalau bandara sudah diresmikan kita tak bisa lagi masuk bebas," kata salah seorang pemain Gabsis.

Sementara disekitar bandara alat berat tampak beroperasi mengebut pekerjaan. Begitu juga dengan pekerja sibuk dengan tugas dan pekerjaan penyelesaian pembangunan bandara ikut menjadi pemandangan. Sesekali terlihat kendaraan jenis dum truk melintas keluar masuk areal bandara.

Tim Gabsis merasa puas dengan kunjungan ke bandara Tebelian dan Museum. Fasilitas pembangunan yang sudah dilihat dipastikan menjadi cerita saat kembali ke Sambas. Dengan harapan, Pemkab Sambas bisa mengadopsi langkah Sintang dalam membangun daerah. "Sambas mudahan kedepan bisa miliki bandara, museum, dan stadion megah seperti di Sintang," kata Masni M.Z, asisten pelatih Gabsis.
Mantan penjaga gawang Gabsis era 80 hingga 90-an, ini, mengatakan, memang tidak terbayangkan kalau Sintang mempunyai bandara megah. Gedung-gedung mewah juga banyak berdiri serta banyak fasilitas umum dibangun.

Ia menilai pembangunan bandara sangat baik dan menjadi invetasi jangka panjang bagi daerah. Pasalnya kebutuhan layanan transportasi bagi masyarakat pasti meningkat, terutama jalur udara, karena masyarakat membutuhkan efesiensi waktu. “Nanti mudahan kami main bola ke Sintang sudah mendarat di Tebelian,” katanya.

Mantan Bupati Sintang Milton Crosby, mengatakan sengaja mengajak tim Gabsis berkunjung ke bandara Tebelian supaya bisa menyaksikan sendiri lapangan terbang yang telah dibangun.  Kunjungan tersebut diharapkan bisa memberi gambaran kalau pembangunan bandara benar adanya.
Kepada tim Gabsis Milton turut menceritakan tentang sejarah singkat pendirian bandara Tebelian. Dimana mulai dari pembebasan lahan. Kiat dan strateginya disampaikan.  Kemudian upaya meyakinkan pemerintah pusat juga dikemukakan. "Kita menyediakan lahan. Dana membangun semua dari pusat," kata Milton.
Mantan Bupati Sintang, ini, juga membawa rombongan tim Gabsis ke Museum Kapuas Raya. Museum tempat rekam jejak kehidupan masyarakat Sintang  dari masa ke masa. Baik adat budaya sampai   masyarakat dalam membangun kehidupan ekonomi. (**)

Berita Terkait