Pertanian dan Peternakan

Pertanian dan Peternakan

  Selasa, 26 January 2016 11:08
Mariana

Berita Terkait

KEPALA Desa Simba Jaya Kecamatan Binjai Sintang, Mariana mengaku fokus untuk menggali potensi pertanian dan peternakan.Menurutnya, hasil tani yang menjadi potensi Desa Simba Jaya adalah sayur mayur seperti sawi, kangkung, timun, jagung dan kacang panjang. Kualitas hasil tanaman juga baik. Dan diupayakan menjadi produk terbaik di Sintang.

Untuk meningkatkan itu semua, kata Mariana, pihaknya saat ini juga sedang gencar-gencarnya membeli aset untuk lahan pertanian. “2016 ini kita fokus beli aset lahan pertanian, sehingga ruang pertanian kita semakin luas dan hasilnya juga semakin banyak,” kata dia.“Setelah bisa meningkatkan hasil pertanian menjadi titik perkonomian masyarakat, maka kedepan akan kita kembangkan lagi sehingga hasil tani di Simba Jaya ini menjadi produk unggulan masyarakat,” tambahnya.

Menurut Mariana, kini ada empat kelompok tani yang dibina Pemerintah Desa Simba Jaya. Keempat kelompok tersebut terus diberikan pelatihan guna menghasilkan produk yang berkualitas. Pemberian pelatihan terhadap petani tidak hanya mampu meningkatkan pengetahuan dan keterampilan petani.  Ia menambahkan, kelompok tani mempunyai peranan penting dalam penerapan materi penyuluhan yang telah diberikan. Maka, kedepan pembinaan kelompok tani lebih ditingkatkan agar kegiatan lebih dinamis dan meningkat. “Kelompok tani punya peran strategis,” katanya. (stm)

Berita Terkait