Pertamina Bantu Unit Pembenihan Rakyat

Pertamina Bantu Unit Pembenihan Rakyat

  Jumat, 10 Agustus 2018 13:44
BANTUAN : Iyun Ferdian, Supervisor HSSE Pertamina bersama perwakilan Wali Kota Pontianak, dan Direktur JPN melepaskan ikan nila ke dalam keramba. BANTUAN : Iyun Ferdian, Supervisor HSSE Pertamina bersama perwakilan Wali Kota Pontianak, dan Direktur JPN melepaskan ikan nila ke dalam keramba. MARSITA RIANDINI/PONTIANAK POST

Berita Terkait

PT PERTAMINA (persero) TBBM Pontianak memberikan bantuan sarana prasarana unit pembenihan rakyat dan pembesaran ikan nila kepada kelompok Kuini 1 Berjaya yang berada di Jl Kom Yos Sudarso, Gg Kuini 1 Pontianak. Kelompok ini mendapat pendampingan dari Lembaga Jejak Pesisir Nusantara (JPN) untuk membudidayakan benih ikan yang diberikan. Kemudian akan di pantau dan dievaluasi oleh JPN. 

-----------------
IYUN Ferdian, Supervisor HSSE Pertamina mengatakan, bantuan CSR ini diberikan untuk pemberdayaan masyarakat, sehingga meningkatkan kesejahteraan masyarakat, terutama di bidang perekonomian dan lingkungan. Targetnya adalah masyarakat sekitar TBBM di lokasi yang potensial. Bantuan yang diberikan secara menyeluruh, mulai dari keramba, rumah jaga, pakan, bibit, serta calon induk. 


Menurut Iyun, program ini berkesinambungan. Tahun lalu, kata dia bantuan yang sama diberikan kepada dua kelompok usaha dan hasilnya cukup baik. Bahkan ada dari kelompok tersebut yang sudah bisa membuat pakan sendiri. “Tahun ini hanya satu kelompok berjumlah 10 orang. Nanti kami juga memberikan pelatihan-pelatihan budidaya perikanan, juga pembuatan pakan, harapannya tidak beli-beli pakan lagi,” ujarnya. 

Direktur Lembaga Jejak Pesisir Nusantara, Yuan Adhi Negara mengatakan dipilihnya budidaya ikan nila, lanjut dia karena mempertimbangkan kondisi perairan di wilayah tersebut.  Ke depan, pihaknya  akan mencoba budidaya ikan lainnya. “Ke depannya, kami akan mencoba variasi ikan lainnya, seperti ikan baung, jelawat, bawal, ikan-ikan jenis lain yang bernilai ekonomis,” paparnya.

Pihaknya  juga berencana membuat taman bacaan terapung dan pengolahan pembuatan pakan ikan. Dia berharap tahun depan bisa terealisasi. Selain itu juga ada pengolahan hasil perikanan. “Entah itu amplang ikan, pokoknya dari hasil ikan yang diolah untuk menambah dan meningkatkan perekonomian,” jelas dia. 

Pihaknya terus mendorong dan mengedukasi masyarakat untuk mengembangkan budidaya ikan ini. Harapannya setelah berhasil dan memahami cara membudidaya ikan, kelompok ini bisa mandiri dan produktivitas ikannya meningkat.  

JPN juga akan memfasilitasi dengan terus melakukan komunikasi, dan kerja sama ke banyak pihak, seperti instansi pemerintah, BUMN, maupun pihak swasta untuk meningkatkan perekonomian masyarakat, tak  hanya di Gg Kuini 1 saja, melainkan di wilayah pesisir lainnya yang ada di Kalimantan Barat.

Nasrun Ketua Kelompok Kuini 1 Berjaya ini bersyukur mendapatkan bantuan dan pendampingan. Selama ini lanjut dia, masyarakat menggantungkan hidupnya sebagai nelayan dan buruh harian lepas.  “Tantangannya pasti ada, alhamdulillah kita bisa mendapat bantuan, harapannya dengan adanya bantuan ini selain silaturahim juga ada penambahan penghasilan,” jelasnya. (mrd/ser)

Berita Terkait