Pertama Kalinya Eksebisi Cabang Hifzil Hadits Digelar

Pertama Kalinya Eksebisi Cabang Hifzil Hadits Digelar

  Rabu, 1 May 2019 08:45
DEWAN HAKIM: Para Dewan Hakim dan Peserta Cabang Hifzil Hadits berfoto bersama usai selesainya eksebisi perdana Cabang Hifzil Hadits. HARI KURNIATHAMA/PONTIANAK POST

Berita Terkait

SINGKAWANG—Untuk pertama kalinya cabang Hifzil Hadits diperlombakan dalam STQ XXV Kalbar di kota Singkawang, Selasa (30/4) kemarin yang dipusatkan di basement kantor Wali Kota Singkawang.

Dalam cabang baru yang ini, ada dua golongan yang diperlombakan yakni Hifzil 100 hadits dengan sanad baik putra dan putri, kemudian golongan Hifzil 500 hadits tanpa sanad. Dimana jumlah peserta cabang lomba ini 10 orang, terdiri dari Hifzil 100 hadits dengan sanad sebanyak 6 orang, sementara Hifzil 500 hadits tanpa sanad sebanyak 4 orang. Dalam cabang baru ini, peserta lomba hanya perlu menjawab pertanyaan dari dewan hakim.

Ketua Dewan Hakim cabang lomba ini, DR Harjani Hefni, mengatakan ucap syukur eksebisi cabang lomba baru ini berjalan lancar. “Alhamdulillah berjalan baik. Cabang inikan baru pertama kali diperlombakan dalam STQ XXV Kalbar dan akan diperlombakan juga pada ajang STQ tingkat nasional nantinya,” jelasnya.

Diperlombakannya cabang ini, kata dosen IAIN Pontianak, bukanlah tanpa alasan, karena meningkatkan pemahaman dan pengetahuan, pengamalan akan hadits itu sendiri. “Sebagai umat Islam, kita memiliki dua sumber utama pedoman hidup yakni Al-Quran dan Al-Hadits. Untuk pengembangan penghafalan Al-Quran sudah sangat bagus, dan ini kita mencoba pengembangan penghafalan Al-Hadits di masyarakat kita,” katanya.

Diharapkan dengan cabang lomba Hifzil Hadits ini mampu memotivasi umat Islam juga menghafal,  memahami dan mengamalkan isi hadits itu sendiri, sehingga hadits ini bisa dikenal, tumbuh dan memasyarakat.

Terkait penampilan para peserta lomba cabang ini. DR Harjani Hefni mengapresiasi kemampuan para peserta. “Alhamdulillah bagus. Para peserta tidak ada yang mengecewakan. Mereka sangat potensial dan bisa serta siap tampil nantinya di cabang yang sama pada STQ tingkat nasional,” jelasnya.

Meskipun dalam eksebisi cabang lomba baru ini hanya diikuti sejumlah kafilah seperti Mempawah, Ketapang, Singkawang, namun kedepannya diharapkan kabupaten/kota dapat mempersiapkan generasi baru dalam cabang lomba ini. “Harapan kita semoga semakin banyak nanti peserta di STQ mendatang,” katanya. (har)

Berita Terkait