Persiapan Pembentukan Provinsi Kapuas Raya di Tahun Kedua

Persiapan Pembentukan Provinsi Kapuas Raya di Tahun Kedua

  Kamis, 12 July 2018 10:00

Berita Terkait

“Bahkan, kami juga akan mempersiapkan anggaran untuk mendukung proses pembentukan penyelenggaraan pemerintahan PKR. Sesuai aturannya, selama tiga tahun berturut-turut, kita akan membantu anggaran bagi daerah pemekaran."

MEMPAWAH-Calon Wakil Gubernur Kalbar terpilih, Drs. H Ria Norsan, MM, MH memastikan janji politik pembentukan Provinsi Kapuas Raya (PKR) bukan isapan jempol belaka. Norsan menyebut persiapan pemekaran tersebut akan dimulai sejak tahun kedua usai dilantik menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Kalbar bersama Sutarmidji.

“Insyaallah, kami sudah mempersiapkan konsep yang matang untuk memuluskan pembentukan PKR. Jadi bukan cuma janji-janji politik doang. Kita akan mendorong pembentukan PKR dan persiapannya dimulai sejak tahun kedua,” tegas Ria Norsan kepada awak media di Mempawah, kemarin.

Sebagai bentuk dukungannya terhadap proses pembentukan PKR, lanjut Norsan, pihaknya akan membangun fasilitas-fasilitas penyelenggaran pemerintahan. Misalnya membangun kantor gubernur, kantor DPRD serta fasilitas lainnya.

“Setelah fasilitas-fasilitas ini rampung, barulah kami akan mengajak kepala daerah di wilayah itu untuk menghadap Mendagri. Kita bersama-sama akan memperjuangkan PKR,” sebut Bupati Mempawah dua periode ini.

Ria Norsan mengaku optimis pembentukan PKR bukanlah mimpi belaka. Dirinya bersama Calon Gubernur Kalbar terpilih, Sutarmidji mampu mewujudkan harapan dan keinginan masyarakat wilayah timur Pulau Kalimantan itu. “Insyaallah, jika semua fasilitas ini sudah lengkap, maka pemerintah pusat tinggal ketok palu meresmikan PKR,” tuturnya.

Selama ini, menurut Norsan, salah satu penyebab gagalnya proses pembentukan PKR lantaran tidak adanya dorongan dari Pemerintah Provinsi Kalbar untuk mempersiapkan fasilitas dan elemen pendukung pelaksanaan pemekaran wilayah tersebut. Sehingga, pemerintah pusat melihat tidak adanya kesiapan dan persiapan pemekaran wilayah baru.

“Bahkan, kami juga akan mempersiapkan anggaran untuk mendukung proses pembentukan penyelenggaraan pemerintahan PKR. Sesuai aturannya, selama tiga tahun berturut-turut, kita akan membantu anggaran bagi daerah pemekaran,” tegas Norsan.

Lebih jauh, Norsan mengatakan bukan menjadi persoalan bagi Pemerintah Provinsi Kalbar untuk mendukung anggaran bagi daerah pemekaran. Sebab, pemekaran PKR itu sendiri sangat penting dan strategis dalam mendorong kemajuan pembangunan dan kemudahan akses pelayanan publik bagi seluruh masyarakat.

“PKR ini sangat penting bagi masyarakat. Karena, pembangunan akan lebih fokus dan pelayanan publik akan lebih fokus dan optimal,” pungkasnya.(wah)

Berita Terkait