Perlu Perubahan Mindset Polisi

Perlu Perubahan Mindset Polisi

  Kamis, 29 September 2016 10:15
APEL: Wakapolres ketika memimpin apel di Halaman Mapolres Mempawah. WAHYU/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

MEMPAWAH- Meningkatkan citra dan kinerja institusi Polri, Wakil Kepala Polisi Resort (Wakapolres) Mempawah, Kompol Engkus Kusnadi, SH menilai perlunya peningkatan soliditas dan perubahan mindset setiap jajaran kepolisian itu sendiri. Jika tidak, maka sulit merubah citra polisi di masyarakat.

 “Untuk mencapai semua itu maka dimulai dengan pelaksanaan pelayanan publik. Setiap anggota (polisi) harus memiliki komitmen yang kuat untuk mengabdikan diri kepada masyarakat, bangsa dan negara. Niat dan komitmen ini harus menjadi pedoman dalam bekerja,” tegas Engkus ketika memimpin apel di Halaman Mapolres Mempawah, kemarin pagi.

Engkus menyebut, komitmen kinerja kepolisian telah tertuang dalam Tribrata dan Catur Prasetya yang kerap diikrarkan oleh setiap jajaran kepolisian. Namun, Tribrata dan Catur Prasetya tidak aka nada maknanya jika hanya diucapkan saja.

 “Jangan hanya sekedar diucapkan begitu saja. Melainkan harus dicermati dan dimaknai setiap poin-poinnya untuk diaplikasikan dalam melaksanakan kinerjadan fungsi kepolisian. Tribrata dan Catur Prasetya itu sebagai dokterin bagi setiap jajaran kepolisian dalam mengabdi kepada masyarakat, bangsa dan negara,” pendapatnya.

Lebih jauh, Engkus berpandangan, apabila Tribrata dan Catur Prasetya mampu diaplikasikan dengan baik maka dirinya meyakini akan berimplikasi terhadap peningkatan mutu dan kualitas kinerja pelayanan kepolisian. Sehingga, dengan sendirinya akan memperbaiki citra kepolisian di masyarakat.

 “Karena itu, setiap anggota harus selalu berupaya keras untuk meningkatkan kinerja pelayanannya. Yang takalah pentingnya pula, meminimalisir terjadinya pelanggaran yang dapat merugikan dan mencoreng institusi kepolisian. Serta menciptakan hubungan yang harmonis dan komunikatif antara polisi dengan masyarakat,” pungkasnya.(wah)

Berita Terkait