Peringatan Isra Miraj dan Khataman Quran SMPN 9 Pontianak

Peringatan Isra Miraj dan Khataman Quran SMPN 9 Pontianak

  Minggu, 7 April 2019 09:08
ANTUSIAS: Siswa SMP Negeri 9 Pontianak antusias mengikuti acara.

Berita Terkait

Ciptakan Suasana Religius di Sekolah

PONTIANAK - SMP Negeri 9 Pontianak menggelar tiga acara sekaligus dalam rangka memperingati Hari Isra Miraj, Jumat (5/5). Ketiga acara tersebut yakni, khataman Alquran, ceramah, serta doa bersama jelang pelaksanaan ujian nasional. Kegiatan ini diharapkan memberikan dampak positif bagi para siswa dari sisi keagamaan. 

Kepala SMPN 9 Pontianak Muryadi Suprianto menuturkan, pihaknya terus berupaya memberikan pembinaan keagamaan kepada para siswa dengan menciptakan suasana religius di sekolah. Ketiga kegiatan itu pun menjadi salah satu ikhtiar yang ditempuh. "Kami ingin anak-anak itu memiliki kesadaran dalam menerapkan nilai-nilai keagamaan. Ini juga implementasi dari kurikulum 2013, yang menekankan aspek religius, di samping aspek sosial dan pengetahuan," terangnya disela kegiatan. 

Penciptaan suasana yang religius di lingkungan sekolah, lanjut dia, sebenarnya sudah dilakukan melalui sejumlah program yang dicanangkan oleh sekolah yang berlokasi di Jalan Pangeran Nata Kusuma ini. Beberapa di antaranya yakni salat zuhur berjamaah serta mengaji bersama secara rutin setiap Jumat. "Kebetulan karena setiap hari Jumat itu kita ngaji, dan hari ini (Jumat, red) tepat setahun, kita telah berhasil mengkhatamkan Alquran. Kegiatan ini sekaligus syukurannya," kata dia. 

Adapun terkait program zuhur berjamaah, pihaknya telah mewajibkan para siswa untuk melaksanakan ibadah tersebut dengan membuatkannya jadwal. Setiap siswa pun akan diabsen kehadirannya. "Hal ini dilakukan agar mereka terbiasa melaksanakan salat, dengan harapan mereka sadar akan kewajiban mereka menjalankan ibadah tersebut," tutur dia.

Sejauh ini, dengan ikhtiar yang telah pihaknya lakukan, telah berdampak baik pada siswa-siswa di sekolah itu.  Tidak hanya dari sisi ketaatan mereka dalam beragama, namun juga pada sikap dan akhlak mereka.   

Komite SMP Negeri 9 Pontianak,  Bambang Wijanarko berharap, aktivitas keagamaan di sekolah ini dapat terus berjalan. Khusus untuk kegiatan peringatan Isra Miraj, yang juga diisi dengan doa bersama, dia berharap akan menguatkan mental siswa, terutama kelas IX yang akan menghadapi ujian nasional. Terlebih saat ini ujian masih menjadi hal yang menakutkan bagi sebagian besar pelajar.

"Suatu pekerjaan atau ikhtiar itu harus disertai dengan doa. Karena itu, harapannya kegiatan ini akan  menguatkan mental anak dalam menghadapi ujian, yang mana saat ini ujian masih dianggap sebagai  momok yang menakutkan," kata dia. 

Dengan adanya kegiatan ini, lanjut dia, maka akan menguatkan pelajar dari sisi spiritual. Para pelajar yang sudah berupaya keras belajar untuk mempersiapkan diri menghadapi ujian, semestinya tidak mengesampingkan doa. Keduanya, yakni ikhtiar dan doa, menurutnya harus dilakukan secara beriringan.  "Semoga acara seperti ini bisa menjadi agenda tahunan," pungkas dia.

Kegiatan yang digelar di halaman sekolah tersebut menghadirkan Ustaz Muhammad Soleh sebagai penceramah. Ceramah yang dibawakan olehnya, terkait peristiwa Isra Miraj. Membawakan ceramah dengan cara yang interaktif, baik siswa maupun guru pun terlihat cukup antusias mendengarkan ceramah ustaz yang saat itu berpakaian warna putih itu. (sti)

Berita Terkait