Peringatan HUT ke-71 PMI & HKG ke-44 PKK di Kabupaten Mempawah

Peringatan HUT ke-71 PMI & HKG ke-44 PKK di Kabupaten Mempawah

  Jumat, 30 September 2016 09:49

PERINGATAN Hari Ulang Tahun ke-71 Palang Merah Indonesia (PMI) dan Hari Kesatuan Gerak ke-44 PKK di Kabupaten Mempawah berlangsung semarak, Minggu (25/9). Ribuan warga kota Mempawah dan sekitarnya turun mengikuti kegiatan jalan santai yang dimulai dari halaman Kantor Bupati Mempawah.

 
Bupati Ria Norsan dan Ketua Tim Penggerak PKK sekaligus PMI Kabupaten Mempawah, Erlina Ria Norsan, turut bergabung bersama ribuan warga. Keduanya dengan diikuti para pejabat satuan kerja perangkat daerah ikut berjalan melintas kota. Menyusuri rute yang ditetapkan panitia.

Ketua PMI dan PKK Kabupaten Mempawah, Erlina Ria Norsan, menyebut pertambahan usia PMI dan PKK menjadi momentum untuk meningkatkan kerja keras dalam upaya pengabdian kepada negara, masyarakat, dan kemanusiaan. Dirinya berharap melalui sinergi dengan pemerintah daerah, dunia usaha, dan masyarakat, PMI dan PKK dapat berbuat lebih banyak lagi bagi kemanfaatan umat.

Di bawah kepemimpinan Erlina, organisasi PMI dan PKK Kabupaten Mempawah tampil sebagai mitra produktif pemerintah daerah. Tidak hanya menjalankan tugas pokok dan fungsi di bidang masing-masing, PMI dan PKK Mempawah juga acap terlibat dalam aksi-aksi sosial kemasyarakatan dan lingkungan hidup. Selain mengintensifkan palang merah remaja (PMR) dan peningkatan keahlian para kader, aksi donor darah juga rutin dilakukan PMI Mempawah. PMI juga aktif pada kegiatan pelestarian lingkungan hidup. Di antaranya melalui kegiatan penanaman mangrove (bakau) di pesisir pantai. Hal yang sama juga ditunjukkan PKK Mempawah. Selain giat pada 10 program pokok PKK, organisasi ini juga rutin melakukan aksi berbagi dengan warga kurang mampu. Selain itu, PKK juga giat membantu korban bencana di Kabupaten Mempawah, selain memberi santunan kepada lanjut usia dan sejumlah kegiatan sosial lainnya.

Terkait hal itu, Erlina tidak lupa mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Mempawah yang dinilainya komit dalam memfasilitasi aksi-aksi sosial PMI dan PKK. Menurutnya, sinergi menjadi syarat utama bagi keberhasilan kerja kemanusiaan dan kemasyarakatan. Selaku Ketua PMI Mempawah, Erlina secara khusus mengajak seluruh masyarakat untuk menumbuhkan kesadaran untuk berbagi dengan sesama. Khususnya dalam hal donor darah. “Saya berharap seluruh masyarakat Kabupaten Mempawah untuk dapat menjadi pendonor darah secara sukarela, sehingga ketersediaan stok darah di Kabupaten Mempawah melalui markas PMI dan UTDC selalu tersedia manakala diperlukan. Melalui setetes darah, kita bisa menyelamatkan hidup orang lain,” ucapnya. (*)