Peringatan Hari Bhakti Rimbawan 2019 di Kapuas Hulu

Peringatan Hari Bhakti Rimbawan 2019 di Kapuas Hulu

  Senin, 18 March 2019 09:17
TANAM POHON: Balai Besar TaNa Bentarum melaksanakan kegiatan penanaman pohon di sekitar halaman Rumah Melayu Kabupaten Kapuas Hulu, kemarin, dalam rangka memperingati Hari Bhakti Rimbawan 2019. ISTIMEWA

Berita Terkait

Tanam 50 Jenis Pohon di Halaman Rumah Melayu

 

PUTUSSIBAU – Balai Besar TaNa Bentarum melaksanakan kegiatan penanaman 50 jenis bibit pohon di sekitar halaman Rumah Melayu Kabupaten Kapuas Hulu, kemarin. Kegiatan tersebut digelar mereka dalam rangka memperingati Hari Bhakti Rimbawan 2019. 

Lima puluh jenis bibit yang mereka tanam tersebut antara lain rambutan, jengkol, hingga petai. Penanaman melibatkan unsur pegawai dan Dharma Wanita Balai Besar TaNa Bentarum, Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Kabupaten Kapuas Hulu, Kesatuan Pengelolaan Hutan Lingkup Kapuas Hulu, mitra-mitra, NGO, Saka Wana Bhakti, Saka Bhayangkara, Saka Kalpataru, serta Pramuka Kwarcab Kapuas hulu.

Kepala Balai Besar TaNa Bentarum, Arief Mahmud, menyampaikan, acara ini merupakan rangkaian Hari Bhakti Rimbawan Tahun 2019. Menurut Arif, budaya menanam dan merawat tanaman harus terus ditanamkan sejak dini. Sebagai rimbawan, dia berpesan agar menjadi pelopor gerakan menanam di lingkungan masing-masing. “Ini sejalan dengan tema hari Bhakti Rimbawan tahun ini yaitu Hutan untuk Kesejahteraan Rakyat dan Lingkungan Sehat,” kata dia. 

Setelah penanaman di Rumah Melayu, mereka rencananya akan melaksanakan penanaman 500 pohon aren di Desa Padua Mendalam. Sementara pemilihan lokasi di Rumah Melayu tersebut diharapkan dia dapat menjadi wujud berbaurnya budaya dan alam. “Kelestarian alam dan lingkungan menjadi tanggung jawab kita bersama, menjadi tanggung jawab kita untuk memastikan anak cucu kita masih dapat menikmati alam yang lestari. Mari kita menanam untuk masa depan,” katanya.

Perwakilan Pengurus Masyarakat Adat Melayu, Muslimat, menyampaikan rasa syukurnya atas kegiatan penanaman pohon di sekitar Rumah Melayu. “Semoga kegiatan ini menjadi amal ibadah kita. Kami akan menjaga tanaman dengan sekuat daya kami,” janjinya.

Selain menanam pohon, rangkaian Hari Bhakti Rimbawan Tahun 2019 yang dimulai mereka pada 15 Maret, diisi dengan aksi donor darah, lomba-lomba, jalan sehat, dan diakhiri Upacara Peringatan Hari Bhakti Rimbawan hari ini. (arf)

Berita Terkait