Perhitungan di PPK Sampai 26 April 2019: PPK Bonti Rampung, Lainnya Menyusul

Perhitungan di PPK Sampai 26 April 2019: PPK Bonti Rampung, Lainnya Menyusul

  Rabu, 24 April 2019 16:15

Berita Terkait

SANGGAU - Perhitungan suara di Tingkat PPK, menurut Ketua KPU Sanggau, Martinus Sumarto diberikan waktu satu Minggu dimulai sejak tanggal 19 April 2019 dan akan jatuh tempo pada 26 April 2019. Artinya bisa jadi pleno di tingkat PPK selesai di atas tanggal tersebut atau lebih cepat. 

“Target kita seminggu setelah kita mulai perhitungan kemarin yakni tanggal 19 April, tapi kalau melihat kondisi di lapangan nampaknya bakal sedikit terlambat,” ujarnya. 

Banyaknya koreksi terhadap proses perhitungan surat suara menjadi faktor yang menjadi pemicu molornya jadwal perhitungan surat suara di tingkat PPK. 

Misalnya yang harus dikoreksi itu kesalahan saat penjumlahan, misalnya yang mestinya 12 tertulis 22, ada juga kesalahan antara pengguna hak pilih dengan surat suara sah dan lain sebagainya. 

Ia mencontohkan di Meliau, mereka tidak bisa pararel karena situasi gedung tidak mendukung, termasuk Jangkang, tapi dibeberapa kecamatan itu bisa parararel sampai empat meja yang pleno. Untuk yang pararel seperti bisa lebih cepat. 

Perkembangan terkini PPK Jangkang sudah melaksanakan pleno secara pararel 2 panel.  PPK Meliau besok juga parerel 2 panel, PPK Parindu juga pararel 2 panel, PPK Kapuas pararel 4 panel, PPK Tayan Hilir pararel 2 panel dan yang sudah selesai PPK Bonti. Rencananya sore ini kotak suara akan diantar ke KPU Sanggau. (sgg)

Berita Terkait