Perhatikan Kesehatan Masyarakat

Perhatikan Kesehatan Masyarakat

  Selasa, 16 Oktober 2018 09:18
PENGARAHAN: Kadiskes dr H Fatah Maryunani berikan sambutan saat orientasi penyelenggaraan Depot air minum isi ulang.

Berita Terkait

 Dinkes Gelar Banyak Kegiatan

SAMBAS - Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas melalui Bidang Kesehatan Masyarakat, dalam beberapa bulan terakhir ini. Secara gencar melaksanakan sejumlah kegiatan penting yang berdampak langsung terhadap kesehatan masyarakat. Diantaranya orientasi  penyelenggaraan depot air minum isi ulang, yang dilaksanakan pada 26 Maret 2018 lalu. "Ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan tentang penyelenggaraan depot air minum isi ulang, serta meningkatkan kemampuan peserta dalam pelaksanaan pengawasan penyelenggaraan depot air minum isi ulang," kata Sapani A Md KL, Staf Seksi Kesehatan Lingkungan Kesehatan Kerja dan Olahraga Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas.

Menurut Sapani, peserta yang ikut ambil bagian dalam orientasi itu adalah 40 orang Sanitarian, berasal dari Puskesmas dan Rumah Sakit di Kabupaten Sambas. Kegiatan, dibuka Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas dr H Fatah Maryunani, dan dihadiri Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Sambas Ardias SKM M Kes, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Samsul Arifin SKM MM dan Kepala Bidang Sumber Daya dan Promosi Kesehatan Yusuf Han  S Si Apt MPH.

Adapun materi yang disampaikan dalam pertemuan ini adalah Kebijakan Penyelenggaraan Depot Air Minum Isi Ulang, Tata Laksana Penyelenggaraan Depot Air Minum Isi Ulang dan Laik Hygiene Sanitasi Depot Air Minum. Selain itu, kata Sapani, Dinas Kesehatan juga menyelenggarakan Pertemuan Pemantapan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM), yang diksanakan pada 15 Mei 2018 lalu. Pertemuan ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan peserta tentang Kebijakan, peran Sanitarian serta peran tenaga Promosi Kesehatan dalam Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM).

Peserta pertemuan ini adalah Pengelola Program Kesehatan Lingkungan dari Puskesmas berjumlah 28 orang dan Rumah Sakit sebanyak 3 orang. Selain itu Pengelola Program Promosi Kesehatan Puskesmas berjumlah 28 orang dan Rumah Sakit sebanyak 3 orang.

Dan terakhir Dinas Kesehatan telah mengadakan Orientasi  Kesehatan Kerja di Fasilitas Pelayanan Kesehatan, yang di laksanakan pada  11 Juli 2018 lalu. Tujuan kegiatan Orientasi Kesehataan Kerja Bagi Pengelola Program Kesehatan Kerja Kabupaten Sambas Tahun 2018 adalah meningkatkan pengetahuan peserta tentang kebijakan dan manajemen Kesehatan Kerja di fasilitas pelayanan kesehatan serta meningkatkan kemampuan peserta dalam pelaksanaan upaya Kesehatan Kerja. Peserta kegiatan adalah Pengelola Program Kesehatan Kerja dan Olahraga berjumlah 31 orang yang berasal dari 28 puskesmas dan 2 Rumah Sakit dan 1 orang dari Kantor Kesehatan Pelabuhan Wilayah Sintete. Materi Pelatihan meliputi : Kebijakan Kesehatan Kerja, Manajemen Kesehatan Kerja, Pemberdayaan Masyarakat Pekerja Informal.(fah)

Berita Terkait