Perbatasan Rawan Tindak Kejahatan

Perbatasan Rawan Tindak Kejahatan

  Selasa, 22 May 2018 10:00
SATGAS PAMTAS: Panglima Kodam XII Tanjungpura, Mayjen TNI Achmad Supriyadi menerima Satgas Pamtas RI-Mly Batalyon Infanteri 511/Dibyatara Yudha | PENERANGAN KODAM XII TANJUNGPURA

Berita Terkait

Kodam XII Terjunkan Satgas Pamtas 

SUNGAI RAYA – Panglima Kodam XII Tanjungpura, Mayjen TNI Achmad Supriyadi, baru-baru ini menerima Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Republik Indonesia-Malaysia (Satgas Pamtas RI-Mly) Batalyon Infanteri 511/Dibyatara Yudha yang akan bertugas menjaga perbatasan Republik Indonesia-Malaysia di wilayah sektor barat di Kabupaten Sanggau dan Kabupaten Sambas  sekitar 9 bulan ke depan.

Dalam amanatnya, Mayjen TNI Achmad Supriyadi menjelaskan, wilayah perbatasan Indonesia-Malaysia merupakan kawasan strategis dan vital. Menurutnya, fakta secara geopolitik bahwa kawasan perbatasan berkaitan dengan aspek kedaulatan negara, pertahanan dan keamanan, rasa kebangsaan, ideologi, sosial, ekonomi dan politik.

Kerawanan akan timbul seperti perubahan pada patok-patok batas wilayah, illegal trafficking, illegal logging, peredaran narkoba antarnegara dan penyelundupan barang-barang ilegal serta masih banyak lagi permasalahan lain yang menjadi fenomena kejahatan lintas negara.

Untuk mengantisipasi  hal tersebut, Achmad Supriyadi mengimbau Prajurit Batalyon Infanteri 511/DY yang akan bertugas di perbatasan nanti, hendaknya selalu koordinasi dengan aparat atau instansi terkait yang ada di perbatasan. 

“Laksanakan patroli-patroli keamanan maupun patroli pemeriksaan patok batas secara intensif serta bina masyarakat di sekitar perbatasan untuk meningkatkan kesadaran berbangsa dan bernegara,” kata Achmad Supriyadi saat menerima Satgas Pamtas RI-Mly Batalyon Infanteri 511/Dibyatara Yudha di Lapangan Makodam XII Tanjungpura, Sabtu (19/5). 

Sementara Kapolda Kalimantan Barat, Irjen Pol Didi Haryono turut memberikan  memotivasi bagi Satuan Tugas Pengaman Perbatasan Republik Indonesia-Malaysia yaitu Batalyon Infanteri 511/DY agar selalu menerapkan jiwa Sapta Marga, Sumpah Prajurit, dan Delapan Wajib TNI selama melaksanakan tugas-tugas diperbatasan dan juga diharapkan kepada Satgas Pamtas ini selalu menjaga serta berkoordinasi kepada Instansi-instansi pemerintah dan Polri yang mendampingi pelaksanaan tugas Pengamanan Perbatasan di wilayah perbatasan. 

“Batalyon Infanteri 642/Kapuas dinilai berhasil dalam melaksanakan tugas-tugasnya di perbatasan, mulai perbatasan Entikong, Jagoi Babang hingga Aruk dengan peran aktifnya yang mampu membantu meningkatkan kemampuan terkait dengan potensi daerah, semoga prestasi ini dapat dipertahankan bahkan lebih ditingkatkan lagi,” harapnya.

Upacara Penerimaan Satgas Pamtas tersebut dihadiri oleh Danlanud Supadio, Danlantamal XII Pontianak, para Asisten dan Kabalak Kodam XII/Tanjungpura serta dihadiri juga oleh Kapolda Kalbar Irjen Pol Didi Haryono dan Wakapolda Kalbar beserta Pejabat Utama Polda Kalimantan Barat. (ash) 

 

Berita Terkait