Perbaikan Jalan Belum Maksimal

Perbaikan Jalan Belum Maksimal

  Kamis, 1 September 2016 09:30
FOTO BERSAMA: Beberapa anggota Honda CB Pontianak, Ketapang, Kubu Raya, Kayung Utara, dan kabupaten lain di Kalbar ikut dalam foto bersama dengan Pihak Polres Kabupaten Lamandau Kalteng.

Berita Terkait

KETAPANG – Sejumlah raider yang tergabung dalam Organisasi Motor  Honda CB di beberapa kabupaten dan kota di Kalbar, mengeluhkan kerusakan jalan provinsi di Ketapang. Tepatnya di sebagian ruas jalan Pelang – Tumbang Titi dan Siduk – Nanga Tayap. Di beberapa titik di ruas jalan ini kondisinya masih rusak dan memerlukan perbaikan secepatnya.

Keluhan tersebut diungkapkan ketika para raider ini menggelar touring untuk menghadiri acara Temu Kangen dan  Deklarasi Honda CB Kalselteng yang dipusatkan di ibukota Kabupaten Lamandau, Kalimantan Tengah, 27 Agustus lalu.

Seorang Raider Honda CB yang tergabung dalam CB Comunity Ketapang, Muhammad Ferry, mengatakan, kerusakan di beberapa ruas jalan provinsi cukup dikeluhkan, khususnya pengendara sepeda motor. Di antara titik kerusakan jalan provinsi, diungkapkan mereka, adalah di sepanjang Pelang – Tumbang Titi, tepatnya Simpang Pelang – Inhutani di Matan Hilir Selatan. "Kerusakan juga terdapat di beberapa tempat hingga pusat Kecamatan Sungai Melayu Rayak," katanya.

Kerusakan jalan tersebut, menurut mereka, umumnya terdapat cekungan-cekungan tanah yang berair dan berdebu, serta lapisan aspalnya banyak terkelupas. Akibatnya, digambarkan mereka, sangat menyulitkan saat dilintasi.

Selain di ruas jalan tersebut, kerusakan jalan provinsi juga ditemui mereka di ruas jalan Siduk – Nanga Tayap. Di antaranya, disebitkan mereka, mulai dari simpang empat Nanga Tayap – Sungai Kelik. "Yang lebih parah lagi mulai dari Desa Tanah Merah Nanga Tayap hingga Desa Manjau Kecamatan Matan Hilir Utara," keluhnya.

Pengendara CB modifikasi trail ini, membandingkan dengan jalan-jalan yang ada di Provinsi Kalteng. Menurutnya, ruas jalan di provinsi tersebut cukup bagus. Disebutkan mulai dari tambal sulam dengan kualitas sangat baik hingga pengaspalan yang begitu tebal. "Hal itu membuktikan keseriusan pemerintah untuk membangun sangat tinggi," ucapnya.

Ia tak memungkiri jika perbaikan di ruas jalan provinsi di Ketapang sudah dilakukan. Namun, dia menyayangkan, perbaikan dilakukan masih belum maksimal. Menurutnya, masih banyak jalan yang mengalami kerusakan dan hingga saat ini belum diperbaiki. "Kita berharap jalan-jalan yang rusak itu segera diperbaiki. Dengan demikian akan mempermudah pengendara berlalu lintas," pintanya. (afi)

 

Berita Terkait