Penyuluhan Internet Sehat di Kalangan Pelajar

Penyuluhan Internet Sehat di Kalangan Pelajar

  Selasa, 13 November 2018 11:37
INTERNET: Ade etika saat berinternet. Tidak sembarangan hingga malah menjerumuskan pada penyebaran hoak atau berita bohong.

Berita Terkait

Tetap Perlu Etika Saat Masuk ke Dunia Maya

Internet sehat bikin pelajar hebat. Karenanya Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Singkawang membuat penyuluhan internet kepada para pelajar. Tujuannya agar mengedepankan etika serta menggunakan prinsip-prinsip berinternet dan bermedia sosial. 

Hari Kurniathama, Singkawang

STIDAKNYA ada 400 pelajar lebih yang ambil bagian dalam kegiatan penyuluhan internet sehat. Kegiatan yang diselenggarakan Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Singkawang dilaksanakan 5-7 November 2018 lalu.

“Penyuluhan internet dilaksanakan selama 3 hari dengan sekolah yang berbeda. Hari yang pertama di MAN 1, kemudian di Ponpes Ushuludin dan hari terakhir di SMA Ignatius,” kata Kepala Bidang Informasi dan Komunikasi Publik Diskominfo Singkawang, Evan Ernanda, baru baru ini. 

Evan mengatakan penyuluhan internet sehat dengan tema Internet sehat bikin pelajar hebat bertujuan memberikan ilmu dan pemahaman kepada para pelajar agar mengedepankan etika serta menggunakan prinsip-prinsip berinternet dan bermedia sosial. 

 “Usia seperti mereka ini mendominasi penggunaan internet. Hasil survey menyebutkan usia 15-30 tahun mendominasi penggunaan internet dan media sosial,” katanya.

Hal ini sebagai upaya pemerintah agar masyarakat Indonesia dapat mmanfaatkan internet secara cerdas kreatif dan produktif. Oleh Karena itu, kata Evan para pelajar harus dibekali dengan pengetahuan dan etika dalam pemanfaatan internet dan penggunaan media sosial. 

“Ini dimaksudkan agar mereka tahu manfaat dan dampak dari menggunakan internet,” ujarnya. Terpisah, Kepala Dinas Kominfo Singkawang Ahyadi mengungkapkan internet sehat dan aman merupakan program nasional untuk mensosialisasikan penggunaan internet secara sehat dan aman bagi semua kalangan termasuk para pelajar.

 “Dengan demikian kehadiran internet lebih membawa pengaruh positif dan nilai tambah dalam berbagai aspek kehidupan,” ungkapnya.

Ia berharap para guru serta orangtua dapat berperan aktif dalam mengawasi anak-anak mereka saat menggunakan internet. Menurutnya, saat ini didunia maya banyak beredar informasi yang menyesatkan (hoax). Mudah-mudahan dengan penyuluhan internet sehat para pelajar di Kota Singkawang dapat menyaring informasi yang didapatkan dari internet dan media sosial.

 “Dengan kita melakukan penyuluhan kepada pelajar, mudah-mudahan mereka lebih mengenal apa manfaat menggunakan internat sehat, " ungkapnya.  (*)

Berita Terkait