Penyelundupan TKI Lewat Jalur Tikus, Delapan Ditangkap

Penyelundupan TKI Lewat Jalur Tikus, Delapan Ditangkap

  Sabtu, 28 July 2018 05:52

Berita Terkait

SANGGAU - Kepolisian Sektor (Polsek) Entikong melakukan pengungkapan tindak pidana penempatan dan perlindungan tenaga kerja di luar negeri atau PPTKLN dan Keimigrasian. Sebanyak delapan orang ditangkap, satu diantaranya dijadikan tersangka. 

Kapolres Sanggau, AKBP Imam Riyadi melalui Wakapolres, Kompol Dudung Setyawan membenarkan pengungkapan tersebut. Menurutnya, pada saat polisi melakukan patroli, dijumpai tujuh orang pada Jumat (27/7) sekira pukul 13.30 di salah satu jalur tidak resmi (jalur tikus) yang berada di belakang lokasi pasar baru di Entikong. 

Dari tujuh orang tersebut, lima diantaranya berasal dari Jawa Barat yakni masing-masing Gunawan (25), Saepuloh (49), Amsir (53), M. Saleh (52) dan Denni Suhendar (37). Mereka semuanya berasal dari Suka Bumi dan diduga menjadi calon tenaga kerja Indonesia ilegal. 

Sementara dua orang lainnya berinisial Rin dan Ag berperan sebagai penunjuk jalan. Dari hasil interogasi keduanya mengaku disuruh oleh seseorang berinisial AV untuk mengantarkan lima warga Jabar tersebut. Atas petunjuk itu, anggota kemudian bergegas mencari AV dan akhirnya berhasil ditangkap. 

Pengungkapan tersebut mengisyaratkan bahwa praktek memasukkan tenaga kerja Indonesia secara ilegal ke luar negeri masih menjamur. Dia berharap masyarakat bisa lebih memahami persoalan-persoalan yang akan muncul sebagai akibat memilih jalur tidak resmi. (sgg)

Berita Terkait