Penyelundupan Obat dan Susu Digagalkan

Penyelundupan Obat dan Susu Digagalkan

  Sabtu, 21 July 2018 10:00
BARANG BUKTI: Para petugas beserta barang bukti selundupan yang berhasil digagalkan. SUGENG GONDRONG/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

Produk Bernilai Ratusan Juta

 SANGGAU - Kepolisian Sektor (Polsek) Entikong berhasil menggagalkan penyelundupan puluhan jenis obat-obatan dan susu suplemen ilegal dari luar negeri pada Jumat (20/7). Penyelundupan tersebut dilakukan dengan cara dibawa sedikit demi sedikit. 

Kapolsek Entikong, Kompor Amin Siddiq menyampaikan dalam kasus ini sudah ada dua tersangka yang ditetapkan yakni J dan U. Keduanya masih diperiksa dan sedang dilakukan pengembangan lebih lanjut. 

"Untuk susu suplemen tersangkanya J dan obat-obatan tersangkanya U. Awalnya kami dapat info penyelundupan miras. Tapi setelah diperiksa kendaraannya saat melintas di depan Mapolsek Entikong ditemukan barang tersebut," ungkapnya. 

Dari keterangan tersangka, susu suplemen tersebut masuk ke Indonesia melalui Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong dengan cara dibawa sedikit demi sedikit. Sedangkan obat-obatan diduga masuk melalui jalur tikus yang berada di sekitar lingkungan PLBN Entikong.

"Obat-obatan dan susu ini dikumpulkan dulu di suatu tempat. Setelah terkumpul semuanya dibawa dengan bis ke Pontianak. Total nilai barang-barang itu tujuh ratus tiga puluh dua juta rupiah. Tapi kalau lepas di pasaran bisa lebih dari satu miliar," jelasnya.

Untuk pemeriksaan lebih lanjut tersangka dan barang susu suplemen dilimpahkan ke Bea Cukai Entikong. Sedangkan obat-obatan kasusnya ditangani Polres Sanggau. Di antara obat-obatan yang diamankan itu terdapat jenis Merislon untuk pengobatan vertigo. (sgg) 

Berita Terkait