Penyakit Bukan Menular Meningkat

Penyakit Bukan Menular Meningkat

  Senin, 22 April 2019 11:28
Seorang anak memegangi atribut saat akan melakukan pawai literasi bertajuk Gebyar Hari Pendidikan Nasional di Balai Bahasa Jalan Sutoyo, Minggu (21/4).

Berita Terkait

PONTIANAK-Wakil Wali Kota Pontianak, Bahasan mengungkap telah terjadi kenaikan pada penyakit bukan menular di Pontianak Kini. Salah satu penyebabnya adalah, faktor makanan. Demikian dikatakannya saat membuka Lomba Karnaval dan Jalan Sehat dalam rangka Hari Kartini bertema hipertensi, Minggu kemarin, di halaman Kantor Dinas Kesehatan Pontianak.

"Berdasarkan riset kesehatan dasar (Riskesdas) 2018, menunjukan prevalensi penyakit tidak menular mengalami kenaikan bila dibanding Riskesdas 2013. Kenaikan penyakit tersebut diantaranya kanker, stroke, ginjal, diabetes melitus dan hipertensi," kata Bahasan.

Bahasan melanjutkan dari data tersebut, penyakit kanker naik dari 1,4 persen (Riskesdas 2013) menjadi 1,8 persen, stroke dari 7 persen menjadi 10,9 persen, ginjal kronik dari 2 persen menjadi 3,8 persen. Kemudian berdasar pemeriksaan gula darah, diabetes melitus naik dari 6,9 persen menjadi 8,5 persen dan hasil pengukuran tekanan darah hipertensi naik dari 25,8 persen menjadi 34,1 persen.

Lebih dalam dijelaskan Bahasan, bawah kenaikan angka penyakit bukan menular ada hubungannya dengan pola hidup. Antara lain, merokok, konsumsi minuman beralkohol, kurangnya aktivitas fisik dan jarang mengkonsumsi buah dan sayur. 

Seringnya mengkonsumsi sumber bahan mengandung natrium tinggi seperti makanan olahan, makanan kalengan, fast food serta makanan dan minuman mengandung pemanis buatan dapat meningkatkan kolesterol dan tekanan darah tinggi. "Bumbu penyedap dan garam dapur juga sumber tinggi natrium," ungkapnya.

Agar penyakit tidak menular yang ia sebutkan angkanya dapat menurun di Kota Pontianak, iapun mengimbau agar masyarakat dapat membiasakan hidup sehat dengan berolahraga, rajin cek kesehatan, serta konsumsi makanan aman dan sehat. Semua itu dapat dimulai dari diri sendiri.

Mengenai acara karnaval dan jalan sehat dengan momentum Hari Kartini ini sengaja Pemkot Pontianak buat dengan sasaran peserta ibu-ibu. Tujuannya sekaligus mensosialisasikan agar mereka bisa menyiapkan makanan baik dan sehat di dalam rumah.

"Cerdas dalam memilih dan mengkonsumsi makanan yang baik dan sehat merupakan salah satu faktor penting meningkatkan status kesehatan diri dan keluarga," tandasnya.(iza) 

Berita Terkait