Penilaian Lomba P2WKSS 2015

Penilaian Lomba P2WKSS 2015

  Jumat, 27 November 2015 09:52
Bupati dan Wabup melihat hasil kebun sayuran dan buah warga binaan di Desa Kepayang

ANJONGAN- Tim penilai program Peningkatan Peranan Wanita Menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) tingkat Provinsi Kalbar 2015 menyambangi Desa Kepayang Kabupaten Mempawah. Kedatangan tim tersebut disambut Bupati, Ria Norsan dan jajarannya di Halaman SDN 05 Desa Kepayang, Rabu (25/11) pagi.

Ketua tim penilai P2WKSS Kalbar, Suryadi, SE menerangkan kedatangan dirinya beserta anggota tim untuk melakukan evaluasi dan penilaian terhadap realisasi program P2WKSS, sepuluh program PKK, pos pelayanan terpadu dan tanaman keluarga provinsi Kalbar 2015 di Desa Kepayang.
“Evaluasi ini sangat penting sebagai bahan untuk perbaikan dimasa mendatang. Kami menaruh harapan agar penilaian ini menjadi momentum untuk membangkitkan semangat dan kontribusi kaum perempuan ditingkat desa dan kelurahan di Kalbar umumnya dan Mempawah khsusunya,” kata Suryadi dalam sambutannya.
Suryadi mengungkapkan, pelaksanaan program P2WKSS telah digulirkan pemerintah sejak tahun 1979 atau 36 tahun silam. Tujuannya, untuk meningkatkan peranan perempuan agar lebh aktif dalam pembangunan dilingkungannya. Sebab, wanita memiliki potensi yang besar jika dibina dan diarahkan dengan baik.
“Dampak program P2WKSS kepada masyarakat khususnya kaum perempuan terhadap peningkatan pendapatan, pengaruh dalam membentuk perilaku kearah yang lebih baik dan produktif menjadi salah satu poin penting dalam penilaian. Disamping itu, keterlibatan SKPD dan lembaga vertical dalam melakukan pembinaan juga bagian yang penting,” ungkapnya. Lebih jauh, Suryadi menyebut para pemenang dalam lomba program P2WKSS tingkat Provinsi Kalbar nanti akan mendapatkan penghargaan dan uang pembinaan. Serta, mendapatkan piala bergilir Gubernur Kalbar.
“Namun yang terpenting dalam kegiatan ini bukan hanya sebuah lomba, melainkan upaya pemerintah kabupaten kota untuk membangun desa dan kelurahan dengan melalui peningkatan peranan perempuan. Menang atau kalah bukan tujuan utama, tetapi proses pembelajaran dan komitmen meningkatkan partisipasi perempuan, itu yang sangat penting,” tegasnya.
Sementara itu, Bupati Mempawah, Ria Norsan berpandangan, P2WKSS merupakan program peningkatan peranan perempuan dengan menggunakan pola pendekatan lintas bidang pembangunan dan dilaksanakan secara terkoordinasi. Targetnya untuk meningkatkan kesejahteraan keluarga guna mencapai tingkat hidup yang berkualitas.
“Hendaknya P2WKSS ini akan semakin dinamis sehingga tidak hanya menjadi program tahunan yan bersifat rutinitas saja. Melainkan dapat dinikmati seluruh masyarakat khususnya kaum wanita dan keluarganya. Melalui realisasi program ini pula diharapkan dapat meningkatkan kualitas diri kaum perempuan hingga mampu berkontribusi dalam
mewujudkan kesehatan, kesejahteraan keluarga dan berperan optimal dalam pembangunan,” harapnya. Ditempat yang sama, Kepala Desa (Kades) kepayang Kecamatan Anjongan, Benny Ariadi, SE menjelaskan, ada 50 warga binaan yang menjadi sasaran program P2WKSS tahun 2015 di Desa Kepayang. Para warga inilah yang kemudian mendapatkan pembinaan dari SKPD terkait secara optimal dan berkelanjutan.

“Terimakasih atas kesempatan dari pemerintah daerah yang telah menunjuk Desa Kepayang sebagai desa binaan P2WKSS 2015. Terimakasih pula kami ucapkan kepada masyarakat yang telah berpartisipasi mensukseskan pelaksanaan program P2WKSS ini. Semoga kedepan semua ini akan menjadi modal awal bagi masyarakat kami untuk terus membangun daerah dan meningkatkan kualitas hidup,” singkatnya.(wah)