Pengusaha Wanita Kian Eksis

Pengusaha Wanita Kian Eksis

  Rabu, 20 March 2019 21:18
Kunjungi Stan : Wakil Walikota Pontianak, Bahasan mengunjungi salah satu stan dalam pameran Iwapi Expo UMKM, Selasa (19/3)

*Iwapi Expo UMKM Dibuka

PONTIANAK – Eksistensi pengusaha wanita saat ini tak dapat dipandang sebelah mata. Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (Iwapi) telah membuktikannya. Digelarnya Iwapi Expo UMKM di Gedung Pontianak Convention Centre, Selasa (19/3) menjadi ajang bagi pengusaha wanita menunjukkan kontribusinya dalam mendorong UMKM, khususnya di Kota Pontianak.

“Melalui Expo UMKM yang diprakarsai Iwapi Kota Pontianak ini, saya yakin akan mendorong ibu-ibu agar berani merealisasikan ide-ide mereka di dunia usaha, baik itu di kuliner, kerajinan, seni budaya, dan lain sebagainya,” ungkap Wakil Walikota Pontianak, Bahasan, saat menghadiri acara pembukaan Iwapi Expo UMKM.

Dengan kontribusi dari para pengusaha wanita ini, dia yakin hal tersebut akan berdampak pada kesejahteraan masyarakat. Kehadiran UMKM menurutnya dapat menekan angka pengangguran serta menurunkan angka kemiskinan. Karena itu, Pemerintah Kota Pontainak, sebut dia, juga sangat konsen terhadap pemberdayaan di sektor ini.

“Kami melihat prospek UMKM ini cukup menjanjikan dalam mendorong perekonomian. Karena itu, kami berupaya memfasilitasi para pelaku UMKM, salah satunya dengan menghadirkan UMKM Centre, yang akan menjadi wadah bagi UMKM Kota Pontianak untuk berkembang,” tuturnya.

Ketua DPC Iwapi Kota Pontianak, Sri Yuniarti mengatakan, digelarnya expo ini, merupakan kontribusi nyata Iwapi dalam mendorong keterlibatan perempuan dalam menggerakkan perekonomian di Pontianak, khususnya di sektor UMKM. Dia meyakini, semakin banyak UMKM di kota ini, akan menurunkan angka pengangguran dan kemiskinan.

“Kami yakin UMKM bisa berkontribusi dalam penanggulangan kemiskinan. Karena itu, kami akan terus mendorong kemajuan dunia usaha, khususnya para pengusaha wanita di Kota Pontianak,” pungkasnya. 

Ketua Panitia Iwapi Expo UMKM, Fika Meldita menuturkan, expo yang digelar menghadirkan beragam acara, mulai dari pameran hingga perlombaan. Sedikitnya ada 80 stan yang ada dikegiatan ini, mulai dari stan kuliner, kerajinan, properti, hingga pameran otomotif.

“Expo ini bertujuan untuk meningkatkan pelaku usaha wanita yang mandiri dan tangguh,” katanya. (sti)