Pengembangan Desa dan Kelurahan Siaga Aktif 2019

Pengembangan Desa dan Kelurahan Siaga Aktif 2019

  Kamis, 25 April 2019 09:17
BERIKAN MOTIVASI: Bupati, Hj Erlina membuka kegiatan pertemuan pengembangan desa dan kelurahan siaga aktif di Kabupaten Mempawah tahun 2019. WAHYU JARTHAKUSUMA/PONTIANAK POST

Berita Terkait

Tingkatkan Derajat Kesehatan dan Status Gizi

MEMPAWAH - Program utama pembangunan kesehatan tahun 2015-2019 dinamakan Indonesia Sehat. Sasarannya,  meningkatkan derajat kesehatan dan status gizi masyarakat melalui upaya pemberdayaan yang didukung dengan perlindungan finansial dan pemerataan pelayanan kesehatan di masyarakat.

Hal itu diungkapkan Bupati Mempawah, Hj Erlina, SH, MH saat membuka kegiatan pertemuan pengembangan desa dan kelurahan siaga aktif di Kabupaten Mempawah tahun 2019 di Mempawah, Rabu (24/4) pagi. “Program Indonesia Sehat itu dilaksanakan dengan menegakan tiga pilar utama. Yakni, penerapan paradigma sehat, penguatan pelayanan kesehatan dan pelaksanaan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN),” ungkap Erlina.

Erlina mencontohkan penerapan paradigma sehat di masyarakat salah satunya dengan penguatan upaya promotif dan preventif serta pemberdayaan masyarakat yang dikemas dalam program Desa dan Kelurahan Siaga Aktif. Program ini telah ditetapkan melalui Inpres Nomor 1 tahun 2017 tentang gerakan masyarakat hidup sehat.

“Inti dari program ini adalah memberdayakan masyarakat agar mau dan mampu untuk menerapkan pola hidup sehat dan mencegah serta mengatasi berbagai ancaman terhadap kesehatan masyarakat,” paparnya.

Disamping itu, masih menurut Erlina, sasaran yang ingin dicapai dalam mewujudkan masyarakat mandiri untuk hidup sehat yakni menjadikan semua desa dan kelurahan sebagai daerah yang siaga aktif.

“Karena itu, kegiatan yang kita laksanakan ini menjadi bagian penting untuk memberikan pemahaman dan persamaan persepsi tentang konsep desa siaga aktif kepada seluruh masyarakat dan stakeholder di Kabupaten Mempawah,” pendapatnya.

Lebih jauh, Erlina berharap kegiatan pertemuan pengembangan desa dan kelurahan siaga aktif tersebut dapat meningkatkan kemampuan manajemen tenaga pengelola desa siaga aktif ditingkat puskesmas dan desa. Serta, menambah wawasan dan pengetahuan tentang kebijakan pemerintah daerah dalam pengembangan desa dan kelurahan siaga aktif.

“Sehingga memiliki kemampuan untuk membimbing dan melaksanakan pemberdayaan masyarakat dalam memotivasi dan meningkatkan partisipasi warga menuju desa sehat di Kabupaten Mempawah,” harapnya.

Kepada desa dan kelurahan yang telah berhasil menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), Erlina mengaku sangat bangga. Dia pun memotivasi masyarakat desa lainnya agar terus merealisasikan pola-pola PHB dilingkungannya masing-masing.

“Desa Kepayang merupakan pemenang dalam lomba PHBS tingkat Kabupaten Mempawah dan telah dibuatkan film dokumenter yang berkaitan dengan PHBS di desa itu. Tujuannya, sebagai media promosi dan edukasi kepada masyarakat agar mampu menerapkan pola hidup sehat dan bersih,” tukasnya. (wah)

Berita Terkait