Penetapan Ramadan Tunggu Pemerintah

Penetapan Ramadan Tunggu Pemerintah

  Senin, 30 May 2016 10:13
WAHYU/PONTIANAKPOST PAWAI : Aksi drum band menyemarakan pawai takruf di kecamatan Sungai Pinyuh.

Berita Terkait

MEMPAWAH- Kepala Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kabupaten Mempawah, Drs. H. Kasiman HN, meminta masyarakat tetap sabar menunggu penetapan 1 Ramadhan 1437 H yang akan dilakukan oleh pemerintah, dalam hal ini adalah Kementerian Agama Republik Indonesia. 

 “Kita selalu berharap penetapan 1 Ramadhan tidak ada perbedaan di masyarakat. Namun jika itu pun terjadi, maka hendaknya perbedaan tersebut tidak memicu perdebatan ataupun perpecahan. Alim ulama maupun masyarakat harus tetap solid dan bersatu,” ungkap Kasiman ketika memberikan sambutan pada Safari Fajar di Masjid Baiturrahim, Desa Galang, Kecamatan Sungai Pinyuh, Jumat (27/5).

Yang penting adalah, tambah Kasiman, bagaimana kita mempersiapkan diri sebaik-baiknya agar bisa melaksanakan ibadah yang agung, yakni berpuasa di bulan ramadhan, serta meningkatkan kualitas ibadah yang lainnya.

Terkait dengan di bulan ramadhan, ia juga berharap masyarakat dapat menunaikan zakat dan menyalurkannya ke unit-unit pengumpul zakat di daerah masing-masing. Membayar zakat fitrah atau zakat fitri adalah hukumnya wajib ain yang artinya wajib bagi umat muslim laki-laki, perempuan, tua atau muda.

 “Jika menjelang ramadhan dan idul fitri semua harga bahan pokok melambung naik, maka nilai zakat fitrah tidak pernah berubah dari zaman Rasulullah SAW. Jadi salurkan lah zakat fitrah bapak dan ibu beserta keluarga di unit pengumpul zakat terdekat,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu pula, Kasiman mohon pamit kepada seluruh masyarakat Kabupaten Mempawah maupun jamaah safari fajar. Sebab terhitung mulai 1 Juni 2016, ia telah purna tugas dan tidak lagi bertugas sebagai Kepala Kemenag Kabupaten Mempawah. “Jika selama bertugas di Kabupaten Mempawah, saya ada berbuat kekhilafan, baik di sengaja ataupun tidak disengaja, dalam kesempatan ini, saya mohon dimaafkan,” imbuhnya.

Sementara itu, Ketua Motivator Safari Fajar, H. Syahril, S.Ip, M.Pd, mengajak seluruh umat Islam di Kabupaten Mempawah untuk bergembira dan bersuka cita menyambut datangnya ramadhan. “Bencana banjir atau pelbagai musibah yang kita alami, bukan halangan untuk kita beribadah dalam bulan ramadhan,” tegasnya.

Bulan suci ramadhan yang sebentar lagi akan tiba, hendaknya disambut dengan penuh rasa syukur dan selalu panjatkan doa agar kita diberikan kekuatan oleh Allah SWT supaya dapat melaksanakan ibadah sebaik-baiknya. (wah)

Berita Terkait