Penataan Muatan Tak Seimbang, Feri Penyeberangan Rebahan di Dermaga

Penataan Muatan Tak Seimbang, Feri Penyeberangan Rebahan di Dermaga

  Selasa, 23 April 2019 06:14

Berita Terkait

SEKADAU - Senin (22/4) malam, kapal feri yang beroperasi di penyeberangan Sui. Asam menuju Sunyat, Kecamatan Belitang Hilir dilaporkan mengalami kendala teknis sehingga sebagian bodi kapal tenggelam. 

Kapolres Sekadau, AKBP Anggon Salazar Tarmizi saat dikonfirmasi Pontianak Post membenarkan peristiwa tersebut. Menurutnya, peristiwa terjadi di dekat dermaga penyeberangan setelah kapal berhasil berbalik arah. 

Kapolres juga memastikan tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. Selain itu, penyebab kecelakaan tersebut dikarenakan penempatan muatan tidak seimbang sehingga terjadi oleng. Ia juga menegaskan bahwa musibah ini bukan karena adanya kebocoran dan faktor lainnya. 

"Benar feri rebah. Truk masih ada enam di dalam. Korba jiwa tidak ada (nihil,red). Diduga karena tidak seimbang penempatan muatan truk di dalam feri tersebut," ujarnya Senin malam. 

Dikatakan dia, kapal tersebut sejatinya sudah akan menyeberang namun beberapa meter kemudian bodi kapal oleng dan akhirnya nahkoda memutuskan untuk kembali merapat ke dermaga sebelum musibah nahas tersebut terjadi. 

"Mau berangkat ke seberang, (kapal) oleng dan (akhirnya) balik lagi ke pinggir," ujarnya. 

Pihaknya, lanjut kapolres, masih melakukan penyelidikan atas kejadian tersebut. Untuk sementara waktu upaya evakuasi masih terus dilakukan di lapangan oleh kepolisian bersama masyarakat dan pihak terkait lainnya. 

Akibat kejadian tersebut, penyeberangan sungai di dermaga tersebut sedikit terganggu. Petugas sedang melakukan upaya penanganan agar kondisi dapat kembali normal. (sgg)

Berita Terkait