Pemkot Segera Bangun Turap Beton Jalan Paralel Sungai Raya Salam

Pemkot Segera Bangun Turap Beton Jalan Paralel Sungai Raya Salam

  Sabtu, 3 November 2018 12:50

Berita Terkait

PEMERINTAH Kota Pontianak akan menata turap saluran parit premier di Jalan Sungai Raya Dalam. Seperti penggantian bahan yang digunakan. Dari kayu belian digantikan menggunakan beton.

Pelaksana Tugas Wali Kota Pontianak Edi Rusdi Kamtono penataan itu dilakukan karena banyak turap yang menggunakan bahan baku kayu beliau rusak, sehingga sudah seharusnya dilakukan penggantian.

"Banyak kayu belian yang rusak, jadi harus diganti dengan beton. Jika tidak maka akan repot," kata Edi di Pontianak, kemarin.

Penataan itu dilakukan setelah Pemerintah Kota Pontianak menyelesaikan pekerjaan Jalan Sungai Raya Dalam. "Jalan di Sungai Raya Dalam sudah tuntas. Selanjutnya tinggal memperbaiki turapnya," kata Edi.

Edi meyakini dengan menggunakan turap beton memudahkan untuk melakukan penataan parit. Seperti diketahui Pemerintah Kota Pontianak berusaha keras menjaga kondisi parit agar tetap baik.

"Nanti dibuat jarak juga antara turap dengan bangunan sehingga memudahkan saat membersihkannya," kata Edi.

Sekadar informasi penggunaan turap beton bisa mencapai kedalaman 12 meter. Jauh lebih dalam dari turap berbahan kayu yang kendalamannya empat meter saja.

Penataan yang dilakukan itu sebagai upaya untuk menjadi kondisi parit agar tetap baik. Di Kota Pontianak ada tujuh parit yang terakses dengan Sungai Kapuas. Di antaranya Parit Sungai Raya Dalam, Parit Tokaya, Parit Sungai Jawi, Parit Diponegoro, Parit Media dan Parit Haji Husin. (mse)

 

Berita Terkait