Pemkab Terima Penghargaan dari BPJS Kesehatan

Pemkab Terima Penghargaan dari BPJS Kesehatan

  Selasa, 19 March 2019 09:26
PENGHARGAAN: BPJS Kesehatan menyerahkan penghargaan kepada Pemerintah Kabupaten Kayong Utara yang diterima Sekretaris Daerah Hilaria Yusnani mewakili Bupati, kemarin (18/3). (kanan) Penandatanganan komitmen bersama yang diperlihatkan Bupati Citra Duani bersama Dinas Kesehatan, BPJS Kesehatan, serta RSUD Djamaludin Sukadana di waktu bersamaan. HUMASKAB FOR PONTIANAK POST

Berita Terkait

Kabupaten Pertama di Kalbar yang Mencapai UHC

 

SUKADANA – Hingga 1 Maret ini, 122.545 jiwa 124.857 jiwa penduduk Kabupaten Kayong Utara, sudah terakomodir dalam Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Dengan angka tersebut, berarti 98,15 persen masyarakat sudah mempunyai perlindungan jaminan kesehatan. Inilah yang menjadi sebab Kayong Utara mampu mencapai Universal Health Coverage (UHC) atau Jaminan Kesehatan Semesta bagi masyarakatnya.

“Dengan demikian Kabupaten Kayong Utara menjadi kabupaten pertama di Provinsi Kalimantan Barat yang telah lebih dulu mencapai cakupan semesta  jaminan kesehatan masyarakatnya,” ungkap Bupati dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekretaris Daerah (Sekda) Hilaria Yusnani, kemarin (18/3) saat membuka Deklarasi UHC di Istana Rakyat. Prestasi ini pula yang menjadikan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) berhak menerima penghargaan dari BPJS Kesehatan atas tercapainya Jaminan Kesehatan Semesta bagi masyarakat Kayong Utara tersebut. Dengan tercapainya Jaminan Kesehatan Semesta di Kayong Utara, diungkapkan Bupati, telah membuktikan bahwa Pemkab benar-benar berkomitmen dalam meningkatkan derajat kesejahteraan bagi masyarakatnya. Kegiatan yang dilaksanakan di Istana Rakyat ini dihadiri jajaran pejabat pemerintah di Kabupaten Kayong Utara, serta perwakilan masyarakat setempat.

Untuk mewujudkan cakupan semesta jaminan kesehatan masyarakat di Kabupaten Kayong Utara, menurut Bupati, diperlukan harmonisasi, kolaborasi, dan gotong-royong, serta dukungan penuh dari semua pihak, terutama dalam meningkatkan pelayanan kesehatan yang berkualitas tanpa diskriminasi, serta pelayanan kesehatan yang komprehensif mengedepankan keamanan dan kenyamanan peserta. “Memperkuat sinergi untuk mewujudkan hal tersebut, maka pada hari ini (kemarin, Red) dilaksanakan penandatanganan perjanjian kerja sama Jaminan Kesehatan Semesta antara Pemerintah Kabupaten Kayong Utara dan BPJS Kesehatan,” ungkap Bupati dalam sambutan tertulisnya yang dibacakan Sekda.

Dalam sambutan tertulisnya, Bupati mengimbau kepada seluruh pemangku kepentingan untuk turut serta mendukung program JKN, sesuai dengan perannya masing-masing. “Melalui moment ini saya ingin  mengimbau kepada seluruh pemangku kepentingan, untuk turut serta mendukung dan berkomitmen dalam program Jaminan Kesehatan Nasional, sesuai dengan tugas dan peran masing-masing, dalam menjalankan tugas dan amanat negara yaitu menjalankan program Jaminan Kesehatan Nasional dengan maksimal bagi seluruh masyarakat, khususnya  masyarakat Kabupaten Kayong Utara,” ucap Sekda menyampaikan arahan Bupati.

Deputi Direksi Wilayah Banten, Kalimantan Barat, dan Lampung BPJS Kesehatan Fachrurrazi yang juga hadir dalam kegiatan tersebut, sangat mengapresiasi pencapaian dari Pemkab.

“Atas nama BPJS Kesehatan saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Pemerintah Daerah Kabupaten Kayong Utara, serta seluruh pemangku kepentingan, yang turut berperan aktif dalam menyehatkan masyarakat Indonesia, khususnya penduduk di Kabupaten Kayong Utara melalui Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS),” ungkap Fachrurrazi. Melalui moment ini dia berharap komitmen yang teguh dari semua pihak, untuk semakin memperkuat sinergi selalu memberikan jaminan dan layanan kesehatan terbaik kepada masyarakat. “Khususnya kepada seluruh masyarakat Kabupaten Kayong Utara,” tuturnya. 

Sebagai bentuk komitmen  keseriusan seluruh pemangku kepentingan jaminan kesehatan pada kegiatan ini, juga dilakukan penandatanganan Komitmen Pelayanan oleh Dinas Kesehatan, BPJS Kesehatan, serta Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Djamaludin Sukadana. Hal ini merupakan salah satu sinergi pemangku kepentingan, agar penyelenggaraan Jaminan Kesehatan di Kabupaten Kayong Utara dapat berjalan secara maksimal. (dan)

Berita Terkait