Pemkab-LAPAN Jalin Kerja Sama

Pemkab-LAPAN Jalin Kerja Sama

  Selasa, 23 April 2019 11:13
FOTO BERSAMA: Bupati Citra Duani beserta rombongan diabadikan bersama dengan jajaran LAPAN saat kunjungan rombongan Bupati, Senin (22/4) lalu ke Kantor LAPAN di Jakarta dalam rangka Mou Lapan dan Pemkab. HUMASKAB FOR PONTIANAK POST

Berita Terkait

SUKADANA – Bupati Kayong Utara Citra Duani mewakili Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kayong Utara melakukan penandatanganan kerja sama dengan Lembaga  Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN). Kerja sama tersebut terkait Penggunaan dan Pemanfaatan Data Penginderaan Jauh untuk Perencanaan dan  Pembangunan di Kabupaten Kayong Utara, yang berlangsung di Jakarta, Senin (22/4). 

"Semoga dengan kerja sama ini dapat menjadi salah satu dukungan dalam rangka penggunaan data penginderaan jauh (citra satelit resolusi tinggi maupun sangat tinggi), pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek), serta peningkatan sumber daya manusia di Pemerintah Kabupaten Kayong Utara," tutur Citra yang dalam kunjungannya tersebut didampingi Sekretaris Daerah Hilaria Yusnani beserta jajaran OPD terkait.

Penggunaan data penginderaan jauh, diakui Bupati, menjadi sangat penting. Karena, dia menambahkan, perencanaan pembangunan yang baik adalah perencanaan berbasis spasial, untuk mendapatkan informasi yang tepat dalam berbagai keperluan. Citra mencontohkan, bagaimana mendeteksi potensi sumber daya alam, infrastruktur jalan dan jembatan, penataan ruang, mitigasi bencana, pemetaan daerah rawan banjir, kebakaran hutan, potensi lahan  pertanian, perkebunan serta potensi perikanan seperti sebaran ikan  di laut, analisis cuaca, dan lain sebagainya.

"Kami juga mengucapkan banyak terima kasih atas Piagam Penghargaan Indriya Mandrawa kepada Pemerintah Kabupaten Kayong Utara dalam Kategori Pemerintah Kabupaten/Kota sebagai Pengguna Data Penginderaan Jauh Terbaik Tahun 2018 oleh Deputi Bidang Penginderaan Jauh, Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN)," kata Bupati.

Disampaikan pula Bupati bahwa pada 2019 Kabupaten Kayong Utara mempunyai beberapa fokus kegiatan perencanaan guna mempercepat program pembangunan, rencana Pembangunan Bandar Udara Sukadana, rencana Pembangunan Jalan Melano – Perawas, Simpang Dua, rencana pembangunan jaringan air bersih., dan revisi Tata Ruang Wilayah (RTRW) Kabupaten Kayong Utara.

Kepala Biro Kerja Sama, Humas, dan Umum LAPAN, Christianus Ratrias Dewanto, mengatakan, LAPAN telah menandatangani MoU dengan Kalbar pada 16 Desember 2016 tentang pemanfaatan teknologi penerbangan dan antariksa untuk mendukung program pembangunan di provinsi Kalbar.

"LAPAN juga pada hari ini (kemarin, Red), menandatangani perjanjian kerja sama tentang penyediaan data dan pemanfaatan data penginderaan jauh," kata Christianus. (dan)

Berita Terkait