Pemilih di Desa Dominan ke Karolin-Gidot: Survei Fait

Pemilih di Desa Dominan ke Karolin-Gidot: Survei Fait

  Minggu, 17 June 2018 22:07

Berita Terkait

Masyarakat yang tinggal di pedesaan di seluruh Kaliantan Barat lebih dominan memilih pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Karolin Margret Natasa-Suryadman Gidot, menurut survey yang dilakukan Direktur Forum Akademisi IT (Fait). Persentase pemilih desa mencapai 51,45 persen.

Direktur Fait, Hotland Sitorus, dalam jumpa pers Sabtu (16/6/18) malam di Pontianak, mengatakan, kesimpulan tersebut, yang diketahui dari survei yang mereka lakukan secara tatap muka sejak 1 hingga 6 Juni 2018. 

Dari survei itu pula diketahui, kandidat gubernur dan wakil gubernur Sutarmidji–Ria Norsan meraih 37,4 persen suara penduduk pedesaan, dan kandidat Milton-Boyman hanya memperoleh 8,6 persen. Selebihnya, responden menyatakan tidak tahu. 

Tetapi berdasarkan tempat tinggal responden di perkotaan, Sutarmidji–Ria Norsan unggul sebesar 53,22 persen, dan Karolin–Gidot meraih 36,24 persen, sedangkan Milton-Boyman 5,12 persen. 

Perbandingan proporsi responden yang tinggal di kota dan di desa sebesar 33 persen berbanding 67 persen. 

Hotland memaparkan, metode yang digunakan adalah multistage random sampling dengan jumlah responden 1.200 orang tersebar di 14 Kabupaten/Kota secara proporsional. Karakteristik responden telah berusia 17 tahun atau sudah menikah dan terdaftar sebagai pemilih. (tim)

Berita Terkait