Pemilih Berpesta Diskon

Pemilih Berpesta Diskon

  Rabu, 17 April 2019 14:12
ilustrasi

PONTIANAK - Pesta diskon menanti para pemilih setelah pemungutan suara Pemilu Legislatif dan Presiden 2019. Sejumlah usaha, baik itu yang bergerak di kuliner, perhotelan, dan jenis usaha lainnya itu, dilakukan guna mengapresiasi masyarakat yang menggunakan hak pilihnya.

Satu di antaranya adalah Hotel Aston Pontianak. Hotel yang berlokasi di Jalan Gajah Mada ini, memberikan penawaran istimewa bagi masyarakat yang telah memberikan hak suaranya di TPS. “Bagi masyarakat yang selesai nyoblos, silakan datang ke Aston dan tunjukkan jari bertinta untuk mendapatkan potongan harga 17 persen untuk menu alacarte di Dynasty Restaurant. Selain itu bagi yang memesan dimsum dengan minimal 50 ribu akan mendapatkan satu porsi dimsum gratis.” ujar Arifin selaku Public Relations Manager.

Penawaran promo ini, dijelaskannya, hanya berlaku 1 hari yaitu di tanggal 17 April 2019 mulai pukul 08.00 pagi hingga pukul 03.00 sore. General Manager Aston Pontianak, Anto W Soemartono menambahkan, dengan penawaran Istimewa ini, Aston Pontianak mengajak seluruh masyarakat Kota Pontianak untuk menggunakan hak pilihnya sesuai dengan TPS nya masing-masing.

Syarat yang ditetapkan oleh kebanyakan pelaku usaha, supaya mendapatkan diskon ini sebenarnya sangat mudah. Pemilih yang telah menggunakan hak pilihnya tinggal datang ke gerai dan menunjukkan bekas tinta pada jari kelingking untuk memperoleh diskon. Pesta diskon ini tidak lain bertujuan untuk meningkatkan minat masyarakat menggunakan hak suaranya.

Pengamat Ekonomi Universitas Tanjungpura, Muhammad Fahmi menilai, langkah ini merupakan bentuk nyata dukungan dunia usaha pada demokrasi di tanah air. Pengusaha dipandangnya tidak berkeinginan mengambil untung dari momen ini, namun lebih kepada agar tingkat partisipasi pemilih meningkat pada hajatan lima tahunan ini.

"Ini adalah inovasi para pengusaha dalam rangka meningkat partisipasi pemilih. Mudah-mudahan target KPU di tahun ini tercapai," jelas dia.

Sebagaimana diketahui, pada Pemilu tahun ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU), menargetkan tingkat partisipasi Pemilu mencapai 77,5 persen.

Fahmi menambahkan, diskon spesial hari pencoblosan itu, tidak hanya yang bagi usaha bergerak secara offline, namun juga online.  Dia pun melihat, hampir semua marketplace besar juga memberikan diskon bagi pemilih yang ikut mencoblos. (sti)