Pemicu Kanker Serviks Bisa Ditularkan Tanpa Berhubungan Badan

Pemicu Kanker Serviks Bisa Ditularkan Tanpa Berhubungan Badan

  Rabu, 2 May 2018 11:26
Kanker serviks, merupakan penyakit mematikan kedua pada perempuan setelah kanker payudara. (Istimewa)

Berita Terkait

Kanker serviks, merupakan penyakit mematikan kedua pada perempuan setelah kanker payudara. Penyebabnya adalah Human Pappiloma Virus (HPV) yang bisa menyebar atau menempel di mana pun. Penularan paling cepat adalah lewat hubungan seksual, berganti pasangan, atau memiliki suami yang punya riwayat belum disirkumsisi.

Bahkan, HPV bisa berada di mana saja termasuk di toilet. Maka bisa saja kemungkinan ada pasien kanker serviks yang belum melakukan hubungan seks sama sekali, tetapi tertular virus.

Misalnya salah satu faktornya bertukar celana dalam. Sebab, cairan di area Miss V yang menempel atau saat membersihkan di toilet atau menempel pada gagang pintu hingga memegang mulut dan lidah, bisa saja menularkan kepada seseorang.

"Virus itu masuk ketika orang bervirus HPV kontak memegang sesuatu, lalu di toilet bisa menempel di gayung. Kemudian kita pakai gayungnya. Kontak ini menjadi media virus berpindah," Founder & Chief Executive Officer, Internist & Vaccinologis In Harmony Clinic dr Kristoforus HD, SpPD, kepada JawaPos.com, Rabu (2/5).

Kristoforus menjelaskan saat seseorang memegang benda yang sudah terkontaminasi oleh virus, maka perpindahannya bisa merambat. Sebab, virus HPV berada di luar tubuh secara aktiv dalam beberapa hari.

"Pindah dinamis dan tak mati hanya dengan dicuci," jelas Kristoforus.

Beruntung tubuh mempunyai kulit yang mempunyai sistem penghalang secara alami yang begitu rapat barisamnya dan sulit ditembus virus. Kecuali jika kulit dalam kondisi rusak entah karena dirusak kuman atau lecet.

"Misalnya keputihan itu jadi faktor risiko virus masuk ke dalam tubuh kita. Karena kuman merusak. Penyebab lainnya juga bisa dari gesekan. Misalnya kulit lecet karena terkena kertas yang tajam. Atau saat berhubungan suami istri itu kan ada gesekan yang bisa juga lecet," jelasnya.

Maka ketika sang suami memiliki virus HPV di area Mr P, bisa saja virus berpindah. Atau ketika seseorang sedang sariawan kemudian mengorek area mulut menggunakan jari yang terkontaminasi bisa saja tertular. (ika/JPC)

Berita Terkait