Pemerintah Masih Andalkan Bazar Antisipasi Kenaikan Harga

Pemerintah Masih Andalkan Bazar Antisipasi Kenaikan Harga

  Selasa, 23 April 2019 11:13
RAKOR. Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Sanggau, Roni Fauzan saat memimpin rapat koordinasi lintas sektoral menghadapi ramadan dan idulfitri 2019. Diharapkan tidak ada kenaikan harga yang signifikan. Pemerintah sendiri masih akan melakukan bazar untuk membantu masyarakat. (sugengrohadi/pontianakpost)

Berita Terkait

SANGGAU – Pemerintah Daerah Kabupaten Sanggau segera melakukan upaya antisipasi berkenaan dengan kenaikan harga sembako dan lainnya yang kerap terjadi jelang ramadan maupun idulfitri. Kemarin, Senin (22/4) pemerintah langsung menggelar rakor yang dipimpin Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Sanggau, Roni Fauzan.

 “Bila stok bahan pangan cukup maka inflasi terjaga. Ini (kenaikan harga) terlihat bila kebutuhan masyarakat banyak sedangkan stok bahan pangan terbatas. Kondisi ini jelas memicu inflasi karena harga ikut naik,” ujarnya di ruang kerjanya.

Menurutnya, kondisi tersebut merupakan siklus yang setiap tahun terjadi. Untuk mengantisipasinya perlu dilakukan koordinasi jauh-jauh hari untuk mengantisipasinya dengan memacu peningkatan produksi.

 “Sementara ini, ketersediaan bahan pangan dalam kondisi stabil. Belum ada kenaikan (harga). Nah, kita harus jaga kondisi ini agar tetap berjalan dengan normal seperti hari-hari biasanya,” kata dia.

Berkenaan dengan produk kadaluarsa, ia mengatakan mesti diantisipasi agar tidak berdampak buruk bagi masyarakat luas. Ia mengharapkan para pedagang juga memperhatikan hal tersebut sehingga kesehatan masyarakat dapat terjamin.

 “(Produk kadaluarsa) ini mesti kita tertibkan karena sangat berbahaya terhadap kesehatan masyarakat kalau dikonsumsi. Mudah-mudahan tidak ada ditemukan di lapangan,” harapnya.

Roni juga menginformasikan bahwa Pemda Sanggau akan melaksanakan bazar murah dengan harga bersubsidi untuk membantu masyarakat. Bazar ini dilakukan rutin bekerjasama dengan pelaku usaha yang ada di daerah. (sgg)
 

Berita Terkait