Pemerintah Kota Pontianak Terus Berbenah

Pemerintah Kota Pontianak Terus Berbenah

  Selasa, 19 January 2016 09:38
TANDATANGANI: Wali Kota Pontianak, Sutarmidji menandatangani peresmian Kantor Gedung Bersama. FOTO : HUMAS PEMKOT.

Berita Terkait

PEMERINTAH Kota Pontianak terus berbenah demi memberi pelayanan dan kenyamanan masyarakat Pontianak secara maksimal. Kinerja itu terlihat dengan banyak bangunan baru yang diresmikan, mulai dari sekolah, sarana olahraga, gedung kesehatan dan kantor hingga pelayanan berbasis on line di tingkat kecamatan dan kelurahan. Kesemua itu wujud nyata kinerja pemerintahan Kota Pontianak. 

Di bidang pendidikan, Pemkot telah meresmikan gedung sekolah baru diantaranya SMPN 25 terletak di Kecamatan Pontianak Utara, SMAN 5 Kecamatan Pontianak Utara dan SMPN 26 Kecamatan Pontianak Timur. Selain peresmian gedung sekolah baru, Pemkot juga menyerahkan sepeda kepada pelajar kurang mampu tingkat SMP dan SMA/SMK. Untuk meningkatkan prestasi bidang olahraga, turut diresmikan lapangan futsal yang terletak di lahan belakang SMKN 6 Pontianak. Selain untuk olahraga futsal, bangunan itu bisa dimanfaatkan sebagai aula untuk menggelar kegiatan atau acara yang memerlukan ruangan cukup luas. Peresmian itu dilakukan oleh Wali Kota Pontianak, Sutarmidji, Kamis (14/1).

Pemkot Pontianak juga meresmikan Gedung Kantor Bersama di Jalan Letjen Sutoyo yang pertama kali ditempati Dispenda Kota Pontianak, serentak dengan peresmian kantor BPBD Kota Pontianak. Gedung Kantor Bersama ini menggunakan APBD 2014-2015 dengan memakan anggaran kurang lebih Rp25 miliar. Nanti Gedung Bersama juga ditempati Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) dan Pemberdayaan Masyarakat. Penempatan ke dua dinas agar pengawasan pajak hotel dan restoran, dari sisi izinnya bisa diselaraskan dengan Dispenda.

Dijelaskan Midji, kantor lama Dispenda di Jalan Gusti Sulung Lelanang akan dibangun dan ditempati Dispora dan Dinsosnaker. Sedangkan gedung Dinsosnaker akan dibangun Kantor Camat Pontianak selatan. Pembangunan Gedung Kantor Camat Kota di Jalan Alianyang diperkirakan selesai pada pertengahan tahun. “Insya Allah pertengahan tahun ini selesai. Kantor Camat Kota yang lama akan menjadi Puskesmas Alianyang,” katanya.

Pihaknya juga melaunching e-Kelurahan dan e-Kecamatan beserta launching pemutihan IMB satu hari khusus rumah dalam gang. Khusus untuk layanan kelurahan berbasis internet pertama kali diterapkan di Kelurahan Darat Sekip. Secara seremonial launching juga digelar di Gedung Bersama.

Dengan adanya layanan berbasis online, artinya pemerintah lebih mudah memberi layanan dengan memberikan kenyamanan bagi masyarakat. Selanjutnya, kantor di lingkungan Pemkot akan dilengkapi server induk untuk memantau proses layanan dan keadaan lalu lintas.Sektor kesehatan juga jadi perhatian Pemkot. Terbukti dengan dibangun UPTD Puskesmas Pontianak Selatan yang terletak Jalan Tani Makmur dan Gedung Pusat Pengelolaan Obat dan Kefarmasian di Jalan Ahmad Yani tepat di samping kantor Dinas Kesehatan Kota Pontianak.(**)

 
 

Berita Terkait