Pembuktian Lucho

Pembuktian Lucho

  Sabtu, 24 September 2016 09:34

GIJON – Benarkah dunia Barcelona runtuh ketika Lionel Messi mengalami cedera ? Tidak juga. Justru malah pernyataan entrenador Barca, nama lain Barcelona, Luis Enrique yang menyatakan sepak bola kehilangan lakon besarnya kalau Messi menepi terasa mendramatisir.

 
Cedera pangkal paha yang dialami La Pulga, julukan Messi, dan membuatnya menepi tiga pekan bukan terjadi kali saja. Dalam sepuluh musim belakangan, minimal sekali per musim, Messi pernah cedera.

Kini Barca akan melakoni laga perdana tanpa Messi di La Liga. Blaugrana, julukan Barca, akan menjalani pertandingan away lawan Sporting Gijon malam ini (24/9) di Stadion El Molinon.

Selain Messi bek Samuel Umtiti pun harus istirahat karena tertarik otot ligamen. Dan gara-gara dua nama tersebut absen, 4-3-3 yang biasanya diusung Barca bergeser menjadi 3-4-3.

Sebaliknya Gijon tak kehilangan pemain sama sekali. Hanya gelandang Gijon Moi Gomez yang kondisinya diragukan fit dan 100 persen buat tampil.

Nah, seperti diberitakan Four Four Two kemarin (23/9) Enrique mengatakan Barca akan berjuang meski kehilangan salah satu tumpuan andalannya. Beberapa strategi alternatif sudah dipikirkan Lucho, julukan Enrique.

“Bersama Messi kami akan semakin kuat. Tanpa Messi kami akan meneruskan kejayaan Barca,” tutur pria berusia 46 tahun itu. Sebagai suksesor Messi di lini depan, Arda Turan siap dimainkan. Turan sebagai gelandang serang bisa bermain di tengah, kanan, juga kiri.

Saat Neymar fokus mengejar emas Olimpiade di Brasil lalu, Turan mengisi pos kosong Neymar. Hasilnya dari lima laga di La Liga, pemain 29 tahun memberikan satu gol dan dua assist.

Marca pun membeberkan fakta kalau Barca bisa punya 'pangeran' baru kalau Messi absen. Tahun lalu ketika Messi menepi selama kurang lebih dua bulan, Neymarlah jadi sosok hero.

Periode September-November tahun lalu, Barca kehilangan Messi dalam delapan pertandingan. Di bawah komando Neymar, Barca bisa menang tujuh kali dan hanya sekali kalah.

Soal gol yang dihasilkan Neymar periode September-November tahun lalu cukup produktif. Yakni sepuluh gol di semua ajang. Kombinasi di La Liga dan Liga Champions.

Optimisme soal Barca yang tak akan mengalami keguncangan besar juga dikatakan Andres Iniesta. Seperti diberitakan Marca Iniesta yang melakukan penandatanganan bukunya “The Artist : Being Iniesta” menyebutkan Messi memang bagian tak terpisahkan dari tim.

“Namun yang mungkin terlupakan yakni Barca semakin kuat dan kuat dari tahun ke tahun. Tapi kami semua berdoa untuk kesembuhan Messi secepatnya,” tutur Iniesta.

Messi dipekirakan absen saat Barca versus Gijon (24/9) dan Celta Vigo (1/10) di ajang La Liga. Kemudian di ajang Liga Champions, Messi melewatkan matchday kedua grup C versus Borussia Moenchengladbach.

Di sisi lain, entrenador Gijon Abelardo Fernandez mengatakan tereduksinya Messi tidak akan membuat Barca melemah. Karena di lini depan masih ada Suarez dan Neymar.  Abelardo yang merupakan rekan bermain Enrique di Barca era 1990-an pastinya sangat paham bagaimana kultur Barca. Namun atas nama profesional, Abelardo menepikan masa lalu dan pertemanannya. (dra)