Pemasangan MitraClip BJ Habibie Sukses

Pemasangan MitraClip BJ Habibie Sukses

  Sabtu, 17 March 2018 07:58
BJ Habibie bersama menantu Widya Thareq dan cucu Felicia Thareq di Munchen, Jerman. (The Habibie Center for Jawa Pos)

Berita Terkait

Kabar baik datang dari Bacharuddin Jusuf Habibie. Operasi pemasangan MitraClip yang dijalani Presiden ke-3 RI ini pada Rabu (14/3) lalu sukses.

“Alhamdulillah, Bapak BJ Habibie pagi ini menyapa selamat pagi Indonesia dan bersyukur berkat doa dari Bapak Presiden dan seluruh rakyat Indonesia atas suksesnya pemasangan MitraClip, dua hari lalu,” kata menantu Habibie, Widya Thareq melalui keterangan resmi The Habibie Center, dikutip dari Jawa Pos Jumat (16/3).

Prosedur itu dilakukan oleh tim dokter terbaik di Eropa yang terdiri dari Prof. Dr. Krötz, Prof. Dr. Näbauer, Dr. Zwermann, Dr. Redwitz dan enam perawat di Starnberg, Jerman.

Berbeda dengan operasi jantung lainnya, prosedur pemasangan MitraClip tidak dilakukan dengan pembedahan, melainkan melalui kateter.

MitraClip sendiri merupakan klip kecil yang menangkap selebaran dari katup mitral untuk membuat dua lubang kecil di katup bocor.

Prosedur MitraClip merupakan metode untuk penanganan masalah jantung yang dilakukan untuk pasien-pasien yang menolak menjalani operasi dengan pembedahan.

Prosedur itu banyak dipilih oleh pasien dengan risiko tinggi jika menjalani operasi dengan pembedahan. Seperti pasien yang memiliki masalah pada liver, sebelumnya pernah menjalani operasi di bagian dada, dan pasien berusia di atas 75 tahun.

Sebelumnya, Habibie dikabarkan menolak menjalani operasi jantung. Prosedur pemasangan MitraClip pada Habibie berlangsung sekitar pukul 08.00 waktu setempat atau pukul 14.00 wib Rabu lalu.

(est/JPC)

Berita Terkait