Pekerja Dituntut Harus Berkepribadian Inovatif

Pekerja Dituntut Harus Berkepribadian Inovatif

  Jumat, 30 September 2016 10:02
BERSAMA: Civitas Akademika Widya Dharma berfoto bersama saat acara wisuda, kemarin. ISTIMEWA

Berita Terkait

Kamis (29/9), Gedung Pontianak Covention Center dipadati wisudawan Widya Dharma Pontianak. Sekitar 684 orang dari berbagai program studi tersebut resmi dikukuhkan gelar kesarjanaannya pada acara tersebut.

***

KETUA Yayasan Widya Dharma Pontianak Widjaja Tandra menyampaikan, kali ini mewisuda 684 mahasiswa yang terbagi dari beberapa prodi, seperti STIE, STMIK, ASM, dan ABA. Sekitar 90 persen dari mahasiswa tersebut didominasi oleh mahasiswa yang menempuh kuliah di tingkat S1 (sarjana) dan sisanya di tingkat Diploma (D-3).

Kata Widjaja, wisuda merupakan bukti para mahasiswa telah berhasil melewati proses pendidikan dalam waktu tertentu. Lanjut dia, sekaligus sebagai tolak ukur bagi Yayasan Widya Dharma Pontianak sebagai institusi yang bersangkutan.

"Ini merupakan kebanggaan bagi kami (Yayasan Widya Dharma), karena ini merupakan pengabdian kami sebagai institusi pendidik untuk berpartisipasi mencerdaskan anak bangsa khususnya di Kalimantan Barat dan saat ini usia kami sudah menginjak 30 tahun," tambahnya.

Dia juga mengungkapkan rasa bangganya kepada para wisudawan Yayasan Widya Dharma Pontianak tahun ini. Dia berharap, 684 wisudawan kali ini dapat meniti karir yang baik di dunia kerja yang sudah di depan mata. 

Tak sampai di situ, dia juga bangga kepada para alumnus Yayasan Widya Dharma yang sudah menyebar di seluruh Indonesia sekitar 13.200 alumnus.

Dia menambahkan, selama ini, alumnus Yayasan Widya Dharma terkenal memiliki etos kerja yang tinggi, jujur, tanggung jawab serta dapat diandalkan dalam perusahaan tempat ia bekerja.

"Citra baik para alumnus ini yang harus terus dilanjutkan oleh wisudawan Widya Dharma kali ini," imbuhnya.

Pesannya lagi kepada wisudawan baru Widya Dharma, dia berharap, wisudawan terus melakukan inovasi diri dalam menghadapi dunia kerja nanti. Karena dinilainya, di era teknologi yang semakin canggih ini pekerja dituntut harus berkepribadian inovatif serta memiliki wawasan yang luas.

Ia menambahkan, mahasiswa yang telah menuntut ilmu di Widya Dharma tidak hanya dididik hardskill (ilmu bidang studi), melainkan juga softskill yang meliputi karakter setiap mahasiswa. "Jadi saya yakin, para lulusan Widya Dharma ini memiliki kualitas yang baik sehingga juga dapat mendongkrak peningkatan kualitas masyarakat kita," papar Ketua Yayasan Widya Dharma Pontianak tersebut.

Usaha untuk meningkatkan kualitas peserta didik juga disebutkan Widjaja akan terus dilakukan Widya Dharma. Ke depan, gedung kampus Widya Dharma yang berdomisili di Jalan HOS Cokroaminoto akan dilakukan renovasi dan pembangunan. "Kami akan memaksimalkan sarana dan prasarana kampus dengan membuat gedung kampus 10 lantai agar mahasiswa kami akan lebih fokus kuliah," terangnya.

Ditambahkannya, dari sisi sumber daya pengajar juga akan ditingkatkan. Para pengajar telah ditingkatkan dari S1 (sarjana) ke S2 (magister) dan sejumlah dosen S2 sedang disekolahkan ke jenjang S3 (doktor). "Kurikulum kami juga sudah dibenahi. Semua prodi sudah terakreditasi dengan baik," pungkasnya. (pah) 

Berita Terkait