Pejabat Kemenkopolhukam Kunjungi PLBN Aruk

Pejabat Kemenkopolhukam Kunjungi PLBN Aruk

  Jumat, 27 July 2018 10:21
DAMPINGI: Wakil Bupati Sambas bersama Kepala PLBN Aruk, mendampingi Deputi Bidang Koordinasi Pertahanan Negara Kemenko Polhukam saat kunjungi PLBN Aruk. Istimewa

Berita Terkait

 

SAMBAS - Kabupaten Sambas yang memiliki daerah yang berbatasan dengan negara luar, menjadikan wilayah ini perhatian pemerintah pusat. Sejumlah pejabat dari pemerintah pusat, silih berganti datang ke serambi mekah untuk melihat langsung kondisi daerah perbatasan. Giliran Kementerian Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan RI, yang dalam hal ini Laksda TNI Achmad Djamaludin, M.A.P, Deputi Bidang Koordinasi Pertahanan Negara hadir di Sambas Rabu (25/7). Sejumlah Pejabat Eselon I Kemenko Polhukam juga turu hadir didampingi Danrem 121 ABW, Brigjend TNI Bambang Ismawan, dan Dandim 1202 Skw Letkol Inf Abdul Rahman.

Kehadiran rombongan pusat ini, disambut Wakil Bupati Sambas, Hj Hairiah SH MH. Setibanya di Sambas, istirahat sejenak, kemudian Deputi dan Wakil Bupati Sambas langsung memantau Pos Lintas Batas Negara RI di Aruk Kecamatan Sajingan Besar. Di perbatasan, tamu disambut Kepala Unit Pengelola Pos Pemeriksaan Lintas Batas Aruk, H Manto Saidi, Camat Sajingan Besar, Supardi dan Forkopimcam Sajingan Besar.

Di ruang tunggu VIP Gedung PLBN Aruk, dilakukan dialog interaktif antara Deputi bersama Pejabat Pemda dan Unit Kerja yang ada di PLBN Aruk. Diantaranya Bea Cukai, Karantina, Asuransi, maupun Dinas Perhubungan terkait angkutan lalu lintas perbatasan. Ada beberapa isu penting yang dibincangkan pada pertemuan singkat dan santai tersebut. Seperti Pengaturan Lalu Lintas Kendaraan, Mekanisme perdagangan umum diperbatasan, aktivitas pelintasan batas negara, hingga listrik perbatasan dan dry port penunjang PLBN.

Pada kesempatan tersebut, H Manto Saidi, memberikan beberapa pemaparan singkat terkait informasi terkini PLBN Aruk. Khususnya, dia banyak mengulas tentang Dryport. “Untuk lahan dryport, sudah terjadi penetapan oleh Pemerintah Pusat terutama Kementerian Perhubungan RI. Namun alangkah lebih baik, jika lahan dryport berada disatu hamparan dengan lokasi PLBN,” katanya.

Laksda TNI, Achmad Djamaludin,juga menanggapi beberapa informasi. “Pada prinsipnya kedatangan kami memantau PLBN Aruk bagian dari upaya mendapatkan banyak data dan fakta terkait wilayah perbatasan,” katanya. Usai berdialog, Rombongan melihat beberapa lokasi PLBN, mulai dari titik nol perbatasan, lokasi Dryport dan kondisi bangunan fisik PLBN Aruk.(fah) 

Berita Terkait