Pegawai Pajak Jadi Favorit

Pegawai Pajak Jadi Favorit

  Senin, 3 Oktober 2016 09:30

Berita Terkait

Sebanyak 190 siswa SMA se-Pontianak tercatat membeli tiket try out ujian saringan masuk Politeknik Keuangan Negara STAN yang diselenggarakan Minggu, (2/10) kemarin. Try Out Ujian Saringan Masuk Politeknik Keuangan Negara STAN Akbar yang telah menjadi agenda tahunan terbesar di pontianak ini akan diselenggarakan di SMP Negeri 3 Pontianak mulai Pukul 07.00 WIB pagi. Tingginya animo siswa-siswi SMA/Sederajat se-Pontianak dalam mengikuti try out ini tak lain dikarenakan jaminan kerja yang ditawarkan oleh Politeknik Keuangan Negara STAN.

Politeknik Keuangan Negara STAN yang merupakan perguruan tinggi kedinasan pencetak pegawai Kementerian Keuangan termasuk pegawai pajak merupakan perguruan tinggi kedinasan yang paling diminati oleh lulusan SMA se-Indonesia. Selain itu, kuliah di Politeknik Keuangan Negara STAN juga gratis mulai dari uang pangkal, uang semester, bahkan biaya orientasi mahasiswa barupun juga gratis. Lulusan Politeknik Keuangan Negara STAN nantinya akan diangkat menjadi PNS tanpa mengikuti tes maupun seleksi lagi di bawah kementerian keuangan. Direktorat Jenderal Pajak yang merupakan salah satu instansi pemerintah dengan gaji paling besar menjadi salah satu alasan mengapa banyaksiswa-siswi SMA/sederajat di Pontianak yang ingin menjadi mahasiswa Politeknik Keuangan Negara STAN.

Namun untuk masuk menjadi mahasiswa Politeknik Keuangan Negara STAN terhitung cukup sulit. Di Tahun 2016 saja, dari 116.336 lulusan SMA/sederajat yang mendaftar Ujian Saringan Masuk Politeknik Keuangan Negara STAN, hanya 4.490 siswa yang dinyatakan lulus sampai tahap akhir. Di Pontianak sendiri, 1060 lulusan SMA/sederajat mendaftar Ujian Saringan Masuk Politeknik Keuangan Negara STAN. Dari jumlah tersebut, 45 siswa berhasil lulus ujian tertulis dan hanya 23 yang lulus hingga tahap akhir. Saat ini ada 132 mahasiswa Politeknik Keuangan Negara STAN Pontianak yang menjalani perkuliahan di Balai Diklat Keuangan Pontianak Jalan Supadio KM 8,8 Kubu Raya. Dari 132 mahasiswa tersebut, sebanyak 123 mahasiswa merupakan lulusan SMA/Sederajat di Jawa. Hanya 9 mahasiswa yang asli Kalimantan Barat.

Dibanding perguruan tinggi kedinasan yang lain, Politeknik Keuangan Negara STAN merupakan perguruan tinggi kedinasan dengan jumlah pendaftar yang paling tinggi. Perguruan tinggi kedinasan lain yang juga menyelenggarakan pendidikan ikatan dinas adalah Lembaga Sandi Negara dengan jumlah pendaftar 3.952, Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika dengan jumlah pendaftar 6.682, Kementerian Dalam Negeri (IPDN) dengan jumlah pendaftar 16.884, Kementerian Hukum dan HAM (AIM dan POLTEKIP) dengan jumlah pendaftar 7.573

Sistem pendaftaran perguruan tinggi kedinasan di tahun 2016 juga mengalami perubahan yang sangat signifikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Jika pada tahun sebelumnya siswa SMA/Sederajat dapat mendaftar lebih dari satu perguruan tiggi kedinasan, tahun ini mereka hanya diperbolehkan mengambil satu perguruan tinggi kedinasan saja. Alur pendaftarannyapun juga berubah. Di tahap awal mereka harus membuka situs panitia seleksi perguruan tinggi kedinasan di laman www.panseldikdin.kemenpan.go.id untuk melakukan registrasi kartu keluarga. Selanjutnya, panitia seleksi perguruan tinggi kedinasan akan memberikan pasword dan username yang akan digunakan untuk melakukan pendaftaran online di laman www.pknstan.ac.id beberapa hari setelah username dan password diberikan.

Oleh karena itu, try out Politeknik Keuangan Negara STAN sangat diperlukan untuk mengukur kesiapan siswa-siswi yang saat ini duduk di kelas XII SMA/Sederajat. Untuk mengikuti try out ini, siswa perlu membeli tiket yang kapasitasnya dibatasi 300 tiket saja. Tiket dapat dibeli di Q Learning Pontianak, Jalan Sulawesi No. 20 Pontianak setiap hari Senin sampai dengan Sabtu mulai pukul 10.00 WIB sampai dengan 19.00 WIB. Tiket try out juga dapat dibeli secara online di www.bimbelbebas.com/to2017 dengan informasi mengenai tata cara pembelian tiket di www.bimbelbebas.com/tiket-to. Selain untuk mengukur sejauh mana kemampuan siswa dalam menghadapi Ujian Saringan Masuk Politeknik Keuangan Negara yang sesungguhnya, siswa-siswi SMA/Sederajat juga bisa mendapatkan hadiah total 14juta rupiah.(r/bob)

Berita Terkait