Peduli Keselamatan dan Kesehatan Kerja

Peduli Keselamatan dan Kesehatan Kerja

  Jumat, 15 March 2019 11:36
BULAN K3: Berfoto bersama kepala KSOP Pontianak dan GM PT Pelindo II Cabang Pontianak usai penandatanganan komitmen bersama. FOTO IST

Berita Terkait

PT Pelindo II Cabang Pontianak 

PT PELABUHAN Indonesia II (Persero) atau Pelindo II Cabang Pontianak memperingati bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2019, Rabu (13/3).

Kegiatan apel bersama di Halaman PT Pelindo II Cabang Pontianak ini diikuti ratusan pekerja yang dihadiri Kepala Kantor Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan Kelas II Pontianak, Kapten Bintang Novi dan GM PT Pelindo II Cabang Pontianak, Adi Sugiri. Dalam kegiatan ini juga dirangkai penandatangan Komitmen Bersama Penerapan sistem manajeman keselamatan kesehatan kerja di lingkungan tempat kerja PT Pelindo II Cabang Pontianak. 

Bintang Novi  mengapresiasi Pelindo II Cabang Pontianak karena sangat memperhatikan keselamatan dan kesehatan kerja di lingkungannya. “Pihak Pelindo sangat memperhatikan pekerjanya. Mereka yang bekerja di tempat yang berisiko tinggi, semua akan berjalan lancar apabila keselamatan dan kesehatan kerja terpenuhi,” ungkap dia. 

KSOP Pelindo II Pontianak kata dia mempunyai fungsi melakukan pengawasan segala kegiatan di wilayah kerjanya, termasuk wilayah Pelindo II Pontianak ini. Dalam pengawasannya, lanjut dia hingga saat ini tidak ada kecelakaan kerja yang fatal. Meski demikian, pekerja harus tetap memperhatikan K3, terutama yang berada di wilayah yang berisiko tinggi. “Saat bekerja harus memenuhi unsur k3. Menggunakan alat perlindungan,sepatu, helm dan baju pelindung,” paparnya.

Jika pekerja patuh terhadap K3 ini, kata dia maka pekerja dapat menimalisir kecelakaan kerja dan dapat merencanakan kehidupan dengan baik. Seiring dengan perkembangan teknologi, kecelakaan kerja banyak terjadi karena keterampilan yang kurang. Oleh sebab itu, Bintang merasa perlu banyak sosialisasi dan pelatihan keterampilan penggunaan alat. Pekerja harus semakin terbiasa dan akrab dengan perkembangan alat-alat yang modern. 

Upaya meminimalisir kecelakaan terus dilakukan oleh pihak Pelindo II Pontianak. Mustafa M As’ad, Deputi General Manager Hukum dan Pengendalian Internal menjelaskan pihaknya akan terus melakukan pemantauan dan evaluasi hal-hal yang berpotensi menimbulkan kecelakaan kerja sehingga ke depannya kecelakaan kerja tidak terjadi lagi. “Kami upayakan seminim mungkin bahkan tidak ada kecelakaan kerja,” paparnya. 

Kecelakaan kerja paling sering terjadi pada saat adanya pergerakan alat. Lebih jauh Mustafa menjelaskan kecelakaan kerja bukan hanya pada aspek manusia saja, tetapi juga berdampak pada rusaknya alat. “Kerugian terjadi. Barang orang rusak, kontainer orang rusak. Ada biaya tambahan untuk menyelesaikan klaim dan kerusakan,” ungkap dia. 

Mustafa mengatakan, kegiatan Bulan K3 ini dapat memberikan edukasi dan pemahaman kepada pekerja pentingnya melindungi diri. Pekerja diharapkan patuh pada keselamatan dan kesehatan kerja. Menggunakan pelindung sesuai dengan standar operasional.  Pihaknya juga terus memastikan bahwa alat bongkar muat memiliki standar izin operasi. Terpenting operator punya surat izin pengoperasian. “Operator juga harus memenuhi aspek K3, pakai helm, sepatu, terutama yang kerja malam harus patuh,” jelasnya. (ser)

Berita Terkait