Patroli Debit Air Sungai Landak

Patroli Debit Air Sungai Landak

  Jumat, 22 February 2019 09:24
Kapolsek Sebangki bersama Kepala Dusun Ibul I saat memantau ketinggian air di Sungai Landak dan Sungai Sambeh yang melintas di daerah tersebut, Kamis (21/2). Warga diminta waspada akan kemungkinan banjir kiriman. ISTIMEWA

Berita Terkait

Waspada Banjir Kiriman

 

NGABANG – Masyarakat Kecamatan Sebangki diminta waspada akan potensi banjir kiriman dari hulu Sungai Landak. Berdasarkan pantauan jajaran polsek Sebangki, Kamis (21/2) lalu, terdapat peningkatan signifikan debit air sungai Landak dan Sungai Sambeh.

Kapolsek Sebangki Iptu Ra'in saat melaksanakan patroli air menggunakan speed boat Dinas di Sungai Sambeh dan Sungai Landak, Kamis (21/2) siang mengatakan, debit air di sejumlah titik mengalami peningkatan. 

“Dari pantauan kami, secara umum situasi wilayah Kecamatan Sebangki dapat dikatakan masih terbebas dari bahaya banjir. Peningkatan debit air belum sampai merendam rumah warga,” katanya. Lanjutnya bahwa walaupun kondisi air sungai masih terbilang normal, namun karena kondisi sudah memasuki musim penghujan maka kewaspadaan terhadap kenaikan air sungai Landak tetap menjadikan perhatian pihaknya. Selain karena Tingginya curah hujan di Kecamatan Sebangki, juga demi mengantisipasi banjir kiriman dari Ngabang.

Ia juga meminta warga dapat segera melaporkan kepada pihak dusun atau desa apabila air mulai naik. 

“Selain melihat situasi saat ini, kami juga mengingatkan warga agar tetap waspada, karna walaupun tidak terkena dampak banjir,” katanya.

Sementara itu Mukhlis, Kepala Dusun Ibul I, Desa Sebangki yang ikut pada saat patroli mengatakan debit air saat ini meningkat dikarenakan air Sungai Landak meluap mengingat curah hujan meningkat. Seperti biasa, pemukiman masyarakat yang berada di bantaran sungai di Kecamatan Sebangki harus siap-siap menjadi langganan banjir. 

”Sejauh ini belum ada laporan, artinya belum ada wilayah yang banjir, tetapi kami tetap lakukan pemantauan debit air sungai,” ujarnya. (mif)

Berita Terkait