Pastikan Hewan Sehat Sebelum Dikurban

Pastikan Hewan Sehat Sebelum Dikurban

  Sabtu, 3 September 2016 10:00

Berita Terkait

SANGGAU-Dinas Pertanian, Perikanan dan Peternakan Kabupaten Sanggau melakukan upaya antisipasi guna memastikan hewan-hewan yang akan dijadikan kurban tetap dalam kondisi sehat saat Perayaan Hari Raya Iduladha mendatang.

 
Sejak sebulan lalu, Distankanak Sanggau telah membentuk tim untuk persiapan tersebut. Tim tersebut akan bekerja untuk melakukan pengecekan hewan kurban. Mereka terdiri dari dokter hewan dan tenaga teknis lapangan.

“Tugas mereka memonitor, mereka juga nanti yang akan melihat hewan-hewan kurban tersebut. Hal ini setiap tahun menjelang hari raya terus kita lakukan untuk  memantau kondisi kesehatan hewan kurban,” jelas Kepala Dinas Pertankanak Kabupaten Sanggau, John Hendri.

Menurutnya, jika merujuk tahun lalu, jumlah hewan yang dikurban (sapi dan kambing) angkanya mencapai 250-300 ekor. Untuk tahun ini, pihaknya masih belum mendapat data pastinya. Bisa saja bertambah atau berkurang.

“Saya mengingatkan masyarakat agar dilakukan cek kesehatan hewan kurban. Jangan sampai masyarakat mengkonsumsi daging kurban dari hewan yang tidak sehat,” ujarnya belum lama ini.

Kemungkinan penambahan jumlah hewan kurban dari luar daerah, John tidak membantah. Kebiasaannya, saat mendekati hari raya mengingat permintaan yang meningkat drastis. Untuk saat ini masih dalam kondisi normal.

“Sementara hewan kurban masih dari daerah kita sendiri. Kalau pun ada peningkatan kebutuhan hewan kurban, biasanya saat sudah dekat hari pelaksanaan. Tapi itu bisa dipersiapkan antisipasinya,” jelas dia.

John juga mengakui bahwa stok hewan kurban seperti sapi memang baru berasal dari dua daerah kecamatan yakni Mukok dan Kapuas. Karenanya, tidak menutup kemungkinan untuk memenuhinya dari luar daerah. (sgg)

Berita Terkait