Pasar Selakau Membara

Pasar Selakau Membara

  Senin, 23 July 2018 09:58
PASAR TERBAKAR: Pasar kecamatan Selakau yang membara Ahad (22/7) pagi kemarin. Belasan rumah dan toko ludes. Belum diperkirakan berapa kerugian akibat kebakaran ini. Penyebabnya hingga kini masih diselidiki. FAHROZI AHMAD/PONTIANAKPOST

Berita Terkait

11 Ruko Ludes

SAMBAS – 6 mobil pemadam swasta dari Kota Singkawang ditambah 6 dari Sambas, turun untuk memadamkan api yang menghanguskan 11 rumah toko (Ruko) di kawasan Pasar Selakau, Selakau Kabupaten Sambas, Minggu (22/7) pagi.

Belum diketahui apa penyebab terjadinya kebakaran tersebut. Namun sejumlah informasi, api awalnya berasal dari salah satu ruko yang ada kemudian membesar dan melebar ke bangunan lainnya yang saling berdempetan. 

Warga Selakau, Amir menyatakan mengetahui api sudah membesar. 

“Kami tahu api sudah membesar, kemudian warga ramai berdatangan,” katanya. 

Dirinya juga tak mengetahui apa penyebab terjadinya kebakaran. 

“Kalau informasi yang beredar, masih simpang siur,” katanya.

Sempat membuat panik warga yang memiliki tempat usaha ataupun tempat tinggal yang dekat dengan Ruko yang terbakar. Terlebih bangunan satudengan yang lainnya, saling berdekatan. 

“Api cepat melebar, terlebih tak ada selah antara bangunan ruko satu dengan lainnya. Bahkan warga pemilik rumah yang berada di belakang ruko juga sempat ketakutan karena api yang ada terus membesar saat kebakaran terjadi,” katanya.

Api pun baru bisa dipadamkan sekitar pukul 11.30 WIB. Kapolsek Selakau, Iptu Ronald Deny Napitupulu membenarkan terjadinya kebakaran di kawasan Pasar Selakau pada Minggu Pagi. Tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, sementara kerugian material masih dalam tahap pemeriksaan.

“Sebelas Ruko yang terbakar, tak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut,” katanya.

Kebakaran yang mengenai 11 ruko, sempat membuat warga yang memiliki rumah berdekatan dengan bangunan tersebut. Pasalnya api yang menghanguskan ruko, cukup besar.

”Semuanya Ruko, dan tak ada rumah atau tempat tinggal warga yang ikut terbakar,” katanya. Pihaknya saat ini, masih melakukan penyelidikan terkait apa penyebab utama dari kebakaran yang terjadi. 

Ada sekitar 12 unit mobil pemadam kebakaran swasta yang dibantu aparat Polsek Selakau, berupaya memadamkan kebakaran. Mobil Damkar Selakau 1 unit, Damkar Sekura 1 unit Damkar Tebas 1 unit, Damkar Sambas 1 unit, Damkar Pemangkat  2 unit dan Damkar Kota Singkawang 6 unit. 

Kapolres Sambas, Kasatreskrim Polres Sambas, anggota DPRD Kabupaten Sambas, Tjong Tji Hok alias Bruno dan Yakob Pujana berada di lokasi saat kejadian.

Bahkan, dua anggota DPRD Sambas yang juga bagian dari petugas pemadam kebakaran, ikut langsung dalam memadamkan api. 

“Kalau yang terbakar, ada 11 ruko. Sementara Gedung BRI unit Selakau, bagian dindingnya terkena api,” kata Bruno.

Dari sebelas ruko yang terbakar tersebut, terbesar bangunannya adalah Ruko Papa Mama, ada satu toko emas yang pemiliknya bernama Ami, toko ponsel, Toko Sinar Mas, dan beberapa toko lain serta warkop. (fah) 

Berita Terkait