Pasar Juadah, Iringi Pelaksanaan Ramadan

Pasar Juadah, Iringi Pelaksanaan Ramadan

  Senin, 20 June 2016 09:02
PASAR JUADAH: Suasana pasar juadah di kota Sintang. SUTAMI/PONTIANAK POST

Berita Terkait

SINTANG - Satu hal yang tidak bisa terpisahkan pada saat bulan suci ramadan adalah pasar juadah. Seolah sudah jadi kekhasan, di kalangan masyarakat  Sintang. Meskipun disebut pasar, juadah bukanlah sebuah tempat yang menyediakan semua jenis kebutuhan seperti pasar-pasar pada umumnya. 

Pasar juadan menyediakan  jajanan yang  hanya muncul pada  ramadan. Bukan hanya masyarakat muslim saja, mereka yang diluar Islam pun kadang juga merasa beruntung dengan munculnya pasar juadah. Hal ini dikarenakan di pasar juadah banyak bermunculan makanan tradisional yang sulit didapat pada hari-hari biasa. Seperti minuman kolang-kaling. Minuman yang terbuat dari buah aren tersebut  jarang di peroleh ketika bukan saat ramadan.

Pasar juadah muncul di berbagai sudut kota Sintang. Dari sekian banyak pasar juadah di Kabupaten Sintang salah satunya adalah pasar Juadah di depan Rumah sakit Umum Ade Moch Djoen Sintang.

Meski kawasan tersebut sebenarnya tidak boleh untuk berjualan. Namun, selama bulan ramadan, ramai bejualan disana. 

Satu diantaranya adalah Sri (24) salah seorang penjual makanan mengaku setiap tahunnya berjualan di depan rumah sakit Ade Moch Djoen Sintang. Bahkan setiap tahunnya,  mampu meraup keuntungan hingga belasan juta rupiah. “Lumayan bang, setiap tahun saya jualan disini,” kata Sri.

Meski ia bukanlah warga asli Sintang, lia mengaku rutin berjualan setiap datangnya bulan suci ramahan. “Saya asli Sekadau bang, tapi sudah lama menetap di Sintang, ikut suami,” katanya. (stm)

Berita Terkait