Pangeran Harry Dobrak Tradisi Kerajaan Inggris

Pangeran Harry Dobrak Tradisi Kerajaan Inggris

  Minggu, 20 May 2018 08:24
ROYAL WEDDING: Pangeran Inggris, Harry bersama pengantinnya, Meghan Markle keluar dari pintu barat Gereja St George, Windsor Castle, kemarin usai upacara pernikahan. Ben STANSALL / POOL / AFP

Berita Terkait

WINDSOR – Pangeran Harry tidak mengikuti tradisi pernikahan Kerajaan Inggris. Setidaknya dalam hal mencium pengantin. Berbeda dengan kakaknya, Pangeran William yang mencium mempelai perempuannya, Kate Middleton di balkon Istana Buckingham setelah pemberkatan pernikahan, Pangeran Harry justru mencium Meghan Markle di pintu masuk Kapel St. George di Kastil Windsor. 

Padahal, berciuman di balkon Istana Buckingham secara tidak langsung telah menjadi tradisi pernikahan Kerajaan Inggris. Dilansir dari Telegraph, Sabtu (19/5), setelah mengucap janji sebagai suami-istri, Pangeran Harry dan Meghan Markle berjalan keluar dari Kapel diikuti oleh enam pendamping pengantin dan empat page boys serta Ibunda Meghan, Doria Ragland, Pangeran Charles, dan keluarga lainnya.

Kemudian, dikatakan juru bicara kedua pengantin, Tina Lannin, Meghan sempat terkejut melihat banyaknya orang di luar kapel yang menantikannya. Sementara Harry, mengatakan pada sang istri bahwa dia siap berpesta.

Selanjutnya, Meghan menanggapi dengan sebuah pertanyaan, yakni apakah mereka harus berciuman saat ini. Dijawab oleh Harry, tentu saja. "Do we kiss? (apakah kita akan ciuman?" kata Meghan pada Harry sebagaimana dikatakan Lannin.

Akhirnya, disaksikan miliaran pasang mata di dunia, keduanya berciuman pertama kali sebagai suami-istri di pintu depan Kapel St. George. Pasangan yang sedang berbahagia tersebut kemudian menaiki kereta kencana yang ditarik oleh kuda khusus menuju St. George Hall untuk menghadiri jamuan makan siang bersama Ratu Elizabeth II.

Seperti diketahui, Kapel St. George di Kastil Windsor menjadi saksi pernikahan Pangeran Harry dan Meghan Markle, pada Sabtu (19/5) pukul 18.30 WIB. Dipimpin oleh Arbishop dari Canterbury, Justin Welby keduanya mengucap janji sebagai suami dan istri.

Kedua mempelai bertukar cincin, yang jarang dilakukan dalam pernikahan Kerajaan Inggris sebelumnya. Pasangan Harry dan Meghan Markle juga terbilang mendobrak tradisi. Alih-alih mengatakan 'I do' saat ditanya kesungguhannya menikah, pasangan ini memilih menjawab dengan 'I will".

Selain itu, keduanya juga dipanggil dengan nama mereka, yaitu Harry dan Meghan. Tidak seperti pernikahan Kerajaan Inggris sebelumnya yang menggunakan nama baptis lengkap dengan nama belakang.

Namun, di balik sejumlah aturan yang didobrak, pasangan ini tampak sangat bahagia. Bahkan, tak sanggup menutupi rasa bahagianya, Harry mengatakan bahwa Meghan sangat cantik begitu tiba di altar.

"You Look Amazing (Kamu terlihat sangat sempurna)," kata Harry kepada Meghan, sebagaimana dilansir dari Mirror, Sabtu (19/5).

Meghan memang terlihat sangat cantik dan natural saat pertama kali keluar dari kendaraan yang mengantarnya ke Kapel St George.

Setibanya di Kapel, perempuan 36 tahun ini ditemani oleh dua page boys yang membantu membawa veil (kerudung) panjangnya yang ternyata didekorasi dengan bunga yang melambangkan 53 negara persemakmuran Inggris. Memasuki Kapel, dia diiringi oleh pendamping pengantin dan page boys berjalan menuju altar. Mencapai bagian paduan suara, giliran Pangeran Charles yang mendampingi Meghan menuju altar.

Sebagaimana diketahui, ayah Meghan, Thomas Markle pada detik terakhir memutuskan batal mengantar sang putri menuju altar.

Dia mengaku mengalami sakit jantung. Oleh karena itu, Meghan meminta Pangeran dari Wales, Charles yang juga ayah Harry untuk mendampinginya ke altar.

Namun, Meghan tidak terlalu bersedih karena sang Ibunda, Doria Ragland datang melihatnya berjalan menuju altar dan menjadi istri dari Pangeran Harry. (yln/JPC) 

Berita Terkait