Pangdam Resmikan Yonif 645 Gardatama Yudha

Pangdam Resmikan Yonif 645 Gardatama Yudha

  Jumat, 7 December 2018 10:39
TANDA JABATAN: Pangdam XII TPR Mayjend TNI Achmad Supriyadi menyematkan tanda jabatan kepada Komandan Yonif 645 Gardatama Yudha Sambas. OZY/Pontianak Post

Berita Terkait

SAMBAS – Pangdam XII/TPR, Mayjend TNI Achmad Supriyadi, Kamis (6/12) resmikan Pengalihan Kodal Yonif Mekanis 643 Wanara Sakti dan meresmikan Yonif 645 Gardatama Yudha Sambas dalam upacara yang digelar di Markas Yonif 645/Gardatama Yudha. Bersama dengan Ketua Persit KCK PD XII TPR, Pangdam XII/TPR tiba menggunakan helly di Halaman Kantor Bupati Sambas sekitar Pukul 08.00 WIB dan disambut langsung Bupati Sambas, H Atbah Romin Suhaili Lc bersama Ketua TP PKK Kabupaten Sambas, Hj Lusyanah Kosasih Atbah. Pangdam disambut dengan pemakaian kain dan syal serta tanjak berbahan kain tenun Sambas.

Usai di Kantor Bupati Sambas. Selanjutnya Pangdam bersama rombongan dan Bupati Sambas serta jajaran Forkopimda menuju Markas Yonif 645 untuk melaksanakan Upacara Pengalihan Kodal Yonif Mekanis 643 Wanara Sakti dan Peresmian Yonif 645 Gardatama Yudha Sambas. Dan dilanjutkan menandatangani prasasti peresmian Kesatuan dan pembukaan selubung Papan nama Badan Satuan.

Pangdam XII/TPR, Mayjend TNI Achmad Supriyadi mengatakan diresmikannya Batalyon Infanteri (Yonif) 645 Gardatama Yudha. Merupakan pembangunan kekuatan dalam rangka menjawab tuntutan perkembangan lingkungan dan tantangan ke depan yang begitu kompleks. “Batalyon Infanteri 645, juga bagian dari implementasi perencanaan strategis dalam pembangunan kemampuan, guna menghadapi berbagai kemungkinan ancaman dan kontinjensi yang dapat terjadi di wilayah perbatasan,” kata Pangdam XII/TPR.

Terlebih, Sambas sebagai kabupaten yang memiliki wilayah perbatasan. “Yonif 645 Gardatama Yudha yang berkedudukan di Kabupaten Sambas, yang berarti sebagai pasukan pelindung atau penjaga terdepan dalam pertempuran atau peperangan, dalam menjaga keutuhan wilayah NKRI dengan semboyan garda terdepan dan benteng terakhir NKRI,” katanya.

Yonif 645 Gardatama Yudha merupakan satuan tempur di bawah komando Brigade Infanteri 19 Khatulistiwa. “Batalyon Infanteri 645 Gardatama Yudha, merupakan perkembangan kekuatan dalam rangka menjaga kedaulatan NKRI, khususnya di wilayah kabupaten Sambas yang berbatasan langsung dengan negara Malaysia,” katanya. Usai kegiatan di Mayonif 645 Gardatama Yudha, Pangdam bersama rombongan mengadakan ramah tamah dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Sambas serta pihak terkait lainnya.(fah)

Berita Terkait